Berwisata Air di Pusat Laut Donggala

Kalau pengin berwisata air dengan cukup unik, cobalah pergi ke Pusat Laut Donggala di Sulawesi Tengah

164 views
0

WartaWisata.ID – Pulau Sulawesi memiliki banyak destinasi wisata bahari yang memukau. Sebut saja Kepulauan Wakatobi, Bunaken, hingga berbagai pantainya yang masih asri.

Kalau pengin berwisata air dengan cukup unik, cobalah pergi ke Pusat Laut Donggala di Sulawesi Tengah. Sumur dengan air jernih ini memiliki kedalaman hingga tujuh meter. Diameternya sekitar sepuluh meter.

Lokasinya tak jauh dari pantai membuat destinasi ini selalu ramai pengunjung. Biar kamu punya panduan berwisata ke sana, simak informasi rute, lokasi, dan tips liburan Pusat Laut Donggala berikut ini!

Lokasi, jam operasional, dan harga tiket

Lokasi: Dusun Simbe, Desa Limboro, Kecamatan Banawa Tengah, Kabupaten Donggala, Sulawesi Tengah

Jam operasional: setiap hari pukul 07.00-18.00

Harga: WNI seharga Rp10 ribu, sedangkan untuk WNA seharga Rp15 ribu

Rute perjalanan menuju Pusat Laut Donggala

Terdapat beberapa rute yang bisa kamu pilih, tapi tergantung dari mana kamu memulai perjalanan. Di antaranya seperti berikut ini:

Dari Kota Palu:

Dari sini, melajulah ke Jalan Soekarno Hatta, lalu berbeloklah ke Jalan Tombolotutu hingga ke Jalan Cut Mutia. Setelah bertemu Taman Ntovea, beloklah ke Jalan Rajamoili dan menyeberang Sungai Palu menuju ke Jalan Kyai Haji Wahid Hasyim.

Masuklah ke Jalan Poros Palu-Mamuju hingga ke Jalan Malonda. Kemudian, kamu akan memasuki Jalan Trans Palu-Donggala hingga ke Jalan Malonda, ikuti terus jalan tersebut.

Sesampainya di Jalan Banawa, beloklah ke kanan dan kamu akan menemukan jalanan yang cukup berkelok. Saat berada di perempatan Jalan Banawa dan Jalan Palu-Mamuju, beloklah ke kanan, kamu akan menemukan Pusat Laut Donggala di ujung jalan.

Dari Kabupaten Donggala:

Masuklah ke Jalan Batusuya-Tamarenja saat berada di pertigaan Jalan Tolitoli-Palu, belok ke kiri dan melaju hingga melewati Pantai Enu. Kemudian, menyeberang melalui Jembatan Toaya menuju Jalan Trans Sulawesi.

Sesampainya di Jalan Yos Sudarso, melajulah hingga ke Jalan Cut Mutia dan menyeberangi Sungai Palu menuju Jalan Kyai Haji Wahid Hasyim.

Selanjutnya, masuk ke Jalan Poros Palu-Mamuju hingga ke Jalan Malonda. Kemudian, kamu akan memasuki Jalan Trans Palu-Donggala hingga ke Jalan Malonda, ikuti terus jalan tersebut.

Sesampainya di Jalan Banawa, beloklah ke kanan dan kamu akan menemukan jalanan yang cukup berkelok. Saat berada di perempatan Jalan Banawa dan Jalan Palu-Mamuju, beloklah ke kanan, dan kamu akan menemukan Pusat Laut Donggala di ujung jalan.

Ada apa saja sih di Pusat Laut Donggala?

Pusat Laut Donggala mungkin hanya berbentuk lubang berisikan air. Tetapi, terdapat beberapa aktivitas seru yang bisa kamu lakukan di sini. Salah satunya berenang.

Dengan kedalaman mencapai tujuh meter, kamu bisa menikmati keindahan pusat laut ini. Airnya jernih dengan dominasi warna biru muda kehijauan. Belum lagi kalau air sedang pasang, pemandangan bawah lautnya semakin magis.

Tak perlu khawatir bagaimana cara naik ke daratan, terdapat tangga panjang yang tersambung ke atas. Jika memutuskan untuk berenang, pastikan kamu benar-benar bisa, ya. Mengingat kedalaman sumur yang cukup dalam.

Selain itu, destinasi ini berada dekat Pantai Bonebula, sehingga kalau bosan di Pusat Laut Donggala, kamu bisa berjalan ke pantai. Pantai berpasir putih ini kerap disebut sebagai “surga” tersembunyi di Kabupaten Donggala. Hamparan pasir sangat indah berpadu dengan air pantai yang biru syahdu.

Gak kalah indah dengan kebanyakan pantai di Sulawesi, Pantai Bonebula juga punya keindahan bawah laut yang memukau. Saat snorkeling, kamu bakal melihat warna-warni terumbu karang beserta biota laut unik lainnya. Jangan lupa singgah hingga sore, biar bisa melihat sunset yang cantik!

Tips yang bisa kamu terapkan

Saat mengunjungi destinasi tak biasa seperti ini, kamu memerlukan beberapa tips biar aktivitas liburanmu tetap seru. Di antaranya sebagai berikut:

Jangan asal terjun ke dalam Pusat Laut Donggala kalau tidak bisa berenang dengan baik. Ajak teman atau keluargamu yang bisa menuntunmu berenang, biar tetap aman. Gunakan pakaian renang yang semestinya karena terdapat bebatuan karang bisa melukai kulitmu. Jaga kebersihan tempat wisata, buang sampahmu pada tempatnya ya!

Itulah beberapa informasi wisata ke Pusat Laut Donggala di Sulawesi Tengah yang bisa jadi panduan wisatamu. Dengan begitu, dijamin liburanmu bakal tetap aman dan nyaman.

Komentar kamu?