Air Terjun Sipiso Piso, Air Terjun Tertinggi di Karo, Sumatera Utara

581 views
0

WartaWisata.ID Kabupaten Karo memiliki salah satu destinasi wisata terbaik di Indonesia yakni berupa air terjun tertinggi di Indonesia yakni air terjun Sipiso Piso Medan Sumatra Utara. Air Terjun Sipisopiso memiliki ketinggian hingga 120 meter dan mengucur deras membentuk garis vertikal sempurna. Sehingga Air Terjun Sipisopiso masuk dalam air terjun tipe Plunge. Air Terjun Sipisopiso berada di bibir kaldera raksasa Danau Toba serta terbentuk pada aliran Sungai Pajanabolon yang merupakan salah satu sungai menyuplai air ke Danau Toba. Dengan ketinggian sekitar 1.300 meter di atas permukaan air laut, nama Sipisopiso diambil dari nama sebuah Gunung yang berada tepat di timur laut Air Terjun Sipisopiso. Dalam bahasa Batak, Piso meliki arti pisau.

Air terjun Sipiso Piso terletak di desa Tongging, Kecamatan Merek, Kabupaten Karo, Provinsi Sumatra Utara. Letak kecamatan Merek berada 24 kilometer dari kota Kabanjahe. Lokasi wisata air terjun cukup jauh dari pusat kota Medan yakni jarak tempuh sekitar 111 kilometer dengan waktu tempuh kurang lebih 4 jam, berikut peta wisata air terjun Sipiso Piso. Sedangkan tiket masuk wisata air terjun Sipiso Piso setiap pengunjung akan dikenakan biaya sebesar Rp. 6.000.

Para wisatawan akan dibuat takjub akan keindahan alam ciptaan Tuhan ini, sudah banyak pengunjung dibuat kagum dengan pesona air terjun Sipiso Piso Karo. Di deck view, pengunjung bisa menikmati keindahan permadani hijau tanah Karo serta dapat menyaksikan pulau Samosir dari dataran tinggi yang berada di wisata danau Toba.

Fasilitas dan sarana untuk wisatawan di Air Terjun Sipiso-piso cukup memadai. Lahan parkir luas dan parkir di bawah dekat Gardu Pandang lebih disarankan tidak terlalu jauh dari gazebo dan toko souvenir.

Jika para wisatawan ingin berkunjung ke tempat ini, maka anda akan dimanjakan dengan pemandangan yang indah dan tak akan terlupakan.

Komentar kamu?