TENTANG KAB. MALAWI

Kabupaten Melawi adalah sebuah kabupaten di provinsi Kalimantan Barat. Kabupaten Melawi memiliki tiga sungai membentang di wilayah tersebut di antaranya, yaitu Sungai Kayan, Sungai Melawi dan Sungai Pinoh. Dahulu dikenal sebagai daerah Melawei (alias Laway, Melahoei., Pinoe).

Daerah aliran sungai Pinoh merupakan termasuk wilayah Kerajaan Kotawaringin. Kontrak 1756, Sultan Tamjidullah I dari Banjarmasin dengan VOC-Belanda mendaftarkan Melawai (alias Melawi) dalam wilayah pengaruh Kesultanan Banjarmasin. Tanggal 1 Januari 1817 Raja Banjar Sultan Sulaiman menyerahkan Sintang dan Melawi (disebut dengan nama Lawai) kepada Hindia Belanda.[7] Tanggal 4 Mei 1826, Sultan Adam dari Banjarmasin menyerahkan Lawai (alias Melawi) kepada Hindia Belanda.

Kabupaten Melawi memiliki batas-batas wilayah sebagai berikut:

Utara : Kecamatan Dedai, Kabupaten Sintang
Selatan : Kec.Tumbang Selam, Kabupaten Kotawaringin Timur, Provinsi Kalimantan Tengah
Barat : Kecamatan Sandai, Kabupaten Ketapang
Timur : Kecamatan Serawai, Kabupaten Sintang

Gerakan Masyarakat Adat Kabupaten Melawi atau Gema Kami merupakan Organisasi yang berdiri pada tahun 2006. Wadah ini bertujuan untuk melakukan gerakan bersama-sama dengan masyarakat adat di Kabupaten Melawi dalam memperjuangkan hak-hak mereka atas sumber-sumber penghidupan. Dalam organisasi ini berkumpul perwakilan dari 7 kecamatan yang ada di Kabupaten Melawi.

 

Untuk Infomasi lebih lengkap tentang KABUPATEN MELAWI, Klik SITE

 

SITE

WISATA KAB. MALAWI

WartaWisata.ID Objek wisata air terjun Gurun Nibung terletak di desa nanga raya dusun batu sembelimbing kecamatan Belimbing Hulu Kabupaten Melawi. Objek wisata ini dapat ditempuh dengan kendaraan roda dua. Jarak tempuh dari ibu kota kabupaten 50 km. Air terjun...

WARTA TERBARU

DESA WISATA

CERBUNG PATRION