TENTANG KABUPATEN KENDAL

Kabupaten Kendal  adalah sebuah kabupaten di Provinsi Jawa Tengah. Ibukotanya adalah Kendal dan masuk dalam Wilayah Metropolitan Kedungsapur yang merupakan Wilayah Metropolitan terbesar keempat setelah Jabodetabek, Gerbangkertosusila, dan Bandung Raya. Kabupaten ini berbatasan dengan Laut Jawa di utara, Kota Semarang dan Kabupaten Semarang di timur, Kabupaten Temanggung di selatan, serta Kabupaten Batang di barat. Kendal juga dikenal dengan Kota Santri karena terdapat ribuan Ponpes terutama di Kecamatan Kaliwungu dan juga dikenal dengan Kota Seni dan Budaya.

Pembagian administratif
Kabupaten Kendal terdiri atas 20 kecamatan, yang dibagi lagi atas sejumlah 265 desa dan 20 kelurahan. Pusat pemerintahan berada di Kecamatan Kendal.

Di samping Kendal, kota-kota kecamatan lainnya yang cukup signifikan adalah Kaliwungu dan Weleri.

1. Kaliwungu (Basis Keagamaan)
Kota ini tak pernah sepi dari kehidupan keislaman. Banyak pesantren dengan santri dari berbagai kota dari berbagai wilayah negeri. Kota ini selalu khas dengan berlalulalangnya orang-orang yang berpakaian muslim, dengan sarung dan penutup kepala (peci atau kerudung) dengan Al Quran dan atau kitab-kitab tertentu ditangan. Selain itu alunan ayat-ayat suci Al Quran senantiasa menggema sepanjang hari di hampir setiap sudut kotanya.

2. Weleri (Basis Perdagangan)
Kota paling barat Kabupaten ini memang tak pernah sepi dari perdagangan. Kota ini menjadi transit dan tujuan dari para pedagang dari seluruh penjuru Kabupaten bahkan Wilayah Indonesia. Dengan fasilitas transportasi (adanya 2 terminal dan 1 Stasiun KA)dan fasilitas komunikasi yang lebih lengkap daripada kecamatan lainnya, Weleri berkembang menjadi sebuah kota yang ramai dan mudah untuk diakses. Selain itu, secara sosial, dengan adanya para pedagang dari Klaten-Solo yang membentuk suatu perkampungan khusus (Kampung Solo),perkampungan tersebut terletak di dukuh Kedonsari Kelurahan Penyangkringan. Dari pengaruh perubahan sosial inilah menjadikan weleri sebagai kecamatan yang perkembangan perdagangan semakin pesat dengan ditandai banyaknya pasar tradisonal, sampai saat ini terdapat 3 pasar besar yang terletak dijantung Kecamatan Weleri.

Kuliner Khas Kendal
1. Makanan ;
– Momoh
– Sate Bumbon
– Rica Rica Menthog
– Bebek Ijo
– Soto Kendal
– Pecel Kembang Turi
– Bandeng Tanpa Duri (Tandu)
– Mangut Lele
– Brongkos
– Telur Ikan Mimi
– Panggang Ikan Klayar
– Mangut Kepala Ikan Manyung

2. Minuman ;
– Bir Jawa
– Kopi Cacaban

3. Oleh-oleh ;
– Kerupuk Petis
– Kerupuk Rambak
– Kerupuk Tayammum (Goreng Wedi)
– Spesial Gulali Khas Kendal
– Olahan Jambu Getas Merah
– Emping Bandeng
– Abon Bandeng Cabut Duri
– Stik Balado Pedas
– Kerupuk Duri Bandeng
– Krecek Ketan Bandeng Cabut Duri
– Sumpil
– Ondal Andil

Untuk Infomasi lebih lengkap tentang Kabupaten Kendal, silahkan klik SITE di bawah ini :

SITE

WISATA KAB. KENDAL

WartaWisata.ID Bukit Selo Arjuno di Limbangan Kendal Jawa Tengah adalah salah satu tempat wisata yang berada di Dusun Watulawang, Desa Kedungboto, Kecamatan Limbangan Kabupaten Kendal, Jawa Tengah. Wisata Bukit Selo Arjuno di Limbangan Kendal Jawa Tengah memiliki pesona keindahan...

WARTA TERBARU

DESA WISATA

CERBUNG PATRION