TENTANG KABUPATEN BOYOLALI

Boyolali adalah sebuah kabupaten di Provinsi Jawa Tengah. Pusat administrasi berada di Kemiri Kecamatan Mojosongo, terletak sekitar 25 km sebelah barat Kota Surakarta. Kabupaten ini berbatasan dengan Kabupaten Semarang, Kota Salatiga dan Kabupaten Grobogan di utara; Kabupaten Sragen, Kabupaten Karanganyar, Kabupaten Sukoharjo, dan Kota Surakarta (Solo) di timur; Kabupaten Klaten dan Daerah Istimewa Yogyakarta di selatan; serta Kabupaten Magelang dan Kabupaten Semarang di barat. Kabupaten ini termasuk kawasan Solo Raya.

Kabupaten Boyolali terdiri atas 19 kecamatan, yang dibagi lagi atas 260 desa dan 7 kelurahan. Pusat pemerintahan berada di kecamatan Boyolali.

Di samping Boyolali, kecamatan lainnya yang cukup signifikan adalah Sambi Ampel, Banyudono, Sawit, Mojosongo, Simo, Karanggede, Andong, Musuk, Cepogo, dan Selo. Kawasan Ngemplak yang berbatasan langsung dengan Kota Surakarta, kini telah dikembangkan menjadi pusat pertumbuhan Solo Raya ke arah barat.

Transportasi
Wilayah Kabupaten Boyolali dilewati jalan negara yang menghubungkan Semarang-Solo. Jalur ini merupakan jalur yang berbukit-bukit, khususnya di utara kota kabupaten sampai kota kecamatan Ampel. Hingga masa pendudukan Jepang, kota Boyolali terhubung oleh jalur kereta api ke Surakarta, tetapi jalur itu kemudian dibongkar hingga Kartasura.

Jalan provinsi yang menghubungkan kota Boyolali dengan kota Klaten merupakan jalan yang menghubungkan Boyolali langsung ke Yogyakarta. Selain itu, terdapat jalan kabupaten yang menghubungkan Boyolali dengan kota Sragen lewat Kecamatan Karanggede dan yang menghubungkan Boyolali dengan Mungkid, Muntilan, dan Magelang melalui “Selo Pass” yang melintasi celah di antara Gunung Merapi dan Gunung Merbabu.

Bandara Internasional Adisumarmo secara administratif masuk wilayah Kabupaten Boyolali.

Agrowisata
1. Agrowisata Sapi Perah Cepogo dan Selo
2. Agrowisata Sayur Selo
3. Agrowisata Padi
4. Kampung Lele

Tempat wisata
1. Air Terjun Kedung Kayang
2. Waduk Badhe
3. Waduk Cengklik
4. Waduk Kedung Ombo
5. Waduk Sidorejo
6. Gunung Merapi dan Gunung Merbabu
7. Umbul Tlatar
8. Pemandian Umbul Pengging

Untuk Infomasi lebih lengkap tentang Kabupaten Boyolali, silahkan klik SITE di bawah ini :

SITE

WISATA BOYOLALI

WartaWisata.id - Lokasi destinasi wisata Kedung Kayang bisa dikatakan cukup strategis, yakni di antara Kabupaten Magelang dan Kabupaten Boyolali, lebih tepatnya di Desa Wonolelo Magelang dan Desa Klakah Boyolali. Air terjun setinggi sekitar 40 meter ini memiliki volume air yang...
WartaWisata.id – Nama Juwangi sempat menjadi bahan pembicaraan netizen di twitter usai disebut dalam sidang gugatan Pilpres 2019. Juwangi sendiri merupakan daerah yang berada di perbatasan antara Boyolali dan Purwodadi, Jawa Tengah.  Nah, jika kamu berkunjung ke Juwangi, ada beberapa referensi...

WARTA TERBARU

DESA WISATA

CERBUNG PATRION