TENTANG KAB. TASIKMALAYA

Kabupaten Tasikmalaya adalah sebuah kabupaten di Provinsi Jawa Barat. Indonesia. Kabupaten ini berbatasan dengan Kabupaten Majalengka dan Kota Tasikmalaya di utara, Samudera Hindia di selatan, Kabupaten Ciamis dan Kabupaten Pangandaran di timur, dan Kabupaten Garut di barat.

Terletak di tenggara daerah Priangan, Kabupaten Tasikmalaya sejauh ini dinilai sebagai kabupaten paling besar dan berperan penting di wilayah Priangan Timur. Sebagian besar wilayah Kabupaten ini merupakan daerah hijau, terutama pertanian dan kehutanan, sementara petani menetap sebagai mayoritas penduduk.

Kabupaten Tasikmalaya terkenal akan produksi Kerajinannya, Salak, sementara Nasi Tutug Oncom adalah makanan terkenal dari Kabupaten ini. Kabupaten Tasikmalaya juga dikenal sebagai pusat keagamaan besar di Jawa Barat, yang memiliki lebih dari 800 pesantren tersebar di penjuru wilayah Kabupaten.

Kabupaten Tasikmalaya meliputi area seluas 2,563.35 km persegi. Kabupaten Tasikmalaya ini berbatasan dengan Kabupaten Garut dari sebelah timur, dibatasi oleh dataran tinggi Pegunungan Galunggung, sepanjang barat daya hingga barat laut. Jauh ke utara, Kabupaten Tasikmalaya berbatasan dengan Kabupaten Majalengka dan berlanjut hingga ke tenggara berbatasan dengan Kabupaten Ciamis dan Kabupaten Pangandaran. Selain itu, Kabupaten berbagi sedikit daerahnya dengan Kota Tasikmalaya, yang terletak di perbatasan timur laut. Sementara di selatan, Kabupaten Tasikmalaya dibatasi oleh Samudera Hindia. Kabupaten Tasikmalaya memiliki bentangan terjauh dari utara ke selatan sekitar 75 Km, dan sekitar 56,25 Km dari timur ke barat.

Sebagian besar wilayah Kabupaten Tasikmalaya merupakan daerah perbukitan, khususnya di daerah timur Kabupaten. Beberapa berupa pegunungan, seperti yang terlihat di bagian barat laut dimana pegunungan Galunggung berada. Hanya 13.05% bagian dari Kabupaten yang terletak di dataran rendah dengan ketinggian dari nol hingga 200 meter. Sementara ketinggian rata-rata dari Kabupaten ini adalah 200 hingga 500 meter. Sisanya menjulang hingga ketinggian puncak Gunung Galunggung 2,168 meter.

Peta memperlihatkan letak Kabupaten Tasikmalaya di Jawa Barat
Kabupaten ini dilalui oleh rantai gunung berapi di Pulau Jawa, di mana daerah ini secara alami memiliki tanah yang kaya dan subur, dan memberikan kelimpahan sumber daya air. Kabupaten Tasikmalaya juga berada rendah di rongga lereng gunung, yang memasok tangkapan curah hujan dan kawasan resapan air lebih banyak. Kelebihan tersebut didukung oleh iklim tropis hutan hujan di mana Kabupaten Tasikmalaya mendapatkan hujan deras.

Untuk Infomasi lebih lengkap tentang KABUPATEN TASIKMALAYA, Klik SITE

 

SITE

WISATA KAB. TASIKMALAYA

WartaWisata.id - Tasikmalaya terkenal sebagai  kawasan  perbukitan dengan udara sejuk yang melimpah. Tak hanya itu, salah satu Kabupaten di Provinsi Jawa Barat ini juga punya banyak sekali curug. Salah satunya adalah Curug Agung Galunggung.  Curahan air di Curug Agung Galunggung ini...
WartaWisata.id — Tasikmalaya memiliki panorama dataran tinggi yang indah, salah satunya adalah di Gunung Galunggung. Gunung Galunggung yang terletak Linggajati, Sukaratu, Tasikmalaya, Jawa Barat ini memang terkenal dengan pemandangan alamnya menakjubkan.  Lokasi Gunung Galunggung terletak 17 km dari pusat Kota Tasikmalaya dan...
WartaWisata.ID - Kampung Naga terletak di Tasikmalaya, Jawa Barat, merupakan suatu perkampungan yang dihuni oleh sekelompok masyarakat yang sangat kuat dalam memegang adat istiadat peninggalan leluhurnya, dalam hal ini adalah adat Sunda. Seperti permukiman Badui, Kampung Naga menjadi objek...
WartaWisata.ID Taman wisata karang resik adalah sebuah taman kota yang kini menjadi sebuah objek wisata dan berada di Tasikmalaya Jawa Barat. Karang Resik sendiri tepatnya berada di Jl. Mochamad Hatta, Kota Tasikmalaya Provinsi Jawa Barat, tepat di perbatasan antara...

WARTA TERBARU

DESA WISATA

CERBUNG PATRION