TENTANG KAB. SUMEDANG

Kabupaten Sumedang adalah sebuah kabupaten di Provinsi Jawa Barat, Indonesia. Ibukotanya adalah kecamatan Sumedang Utara, Sumedang,[1] sekitar 45 km Timur Laut Kota Bandung. Kabupaten ini berbatasan dengan Kabupaten Indramayu di Utara, Kabupaten Majalengka di Timur, Kabupaten Garut di Selatan, Kabupaten Bandung di Barat Daya, serta Kabupaten Subang di Barat.

Kabupaten Sumedang terdiri atas 26 kecamatan, yang dibagi lagi atas sejumlah desa dan kelurahan. Sumedang, ibukota kabupaten ini, terletak sekitar 45 km dari Kota Bandung. Kota ini meliputi kecamatan Sumedang Utara dan Sumedang Selatan. Sumedang dilintasi jalur utama Bandung-Cirebon.

Bagian Barat Daya wilayah Kabupaten Sumedang merupakan kawasan perkembangan Kota Bandung. IPDN (Institut Pemerintahan Dalam Negeri), sebelumnya bernama STPDN (Sekolah Tinggi Pemerintahan Dalam Negeri), UPI (Universitas Pendidikan Indonesia), ITB (Institut Tekhnologi Bandung), serta Universitas Padjajaran berlokasi di Kecamatan Jatinangor.

Sebagian besar wilayah Sumedang adalah pegunungan, kecuali di sebagian kecil wilayah Utara berupa dataran rendah. Gunung Tampomas (1.684 m), berada di Utara Sumedang.

Untuk Infomasi lebih lengkap tentang KABUPATEN SUMEDANG, Klik SITE

 

SITE

WISATA KAB. SUMEDANG

WartaWisata.ID - Kampung Toga di Desa Sukajaya, Kecamatan Sumedang Selatan. Kampung Toga memadukan pariwisata alam dengan pemandangan indah. Ciri khas kawasan wisata ini berupa banyaknya tanaman obat (apotik hidup) yang mampu menambah wawasan Anda dan keluarga. Jika mendengar nama...
WartaWisata.ID - Kawasan Konservasi Gunung Kareumbi untuk Milennials yang Suka Adventure, Kawasan ini berada di Jawa Barat. Kawasan Konservasi Gunung Kareumbi seluas 12.420,70 hektar ini terletak pada area yang menjadi kewenangan tiga kabupaten yaitu Kabupaten Bandung, Kabupaten Sumedang...

WARTA TERBARU

DESA WISATA

CERBUNG PATRION