TENTANG KAB. SUKABUMI

Kabupaten Sukabumi adalah sebuah kabupaten di Tatar Pasundan, Provinsi Jawa Barat, Indonesia. Ibukotanya adalah Kota Palabuhanratu. Kabupaten Sukabumi merupakan kabupaten terluas kedua di Pulau Jawa setelah Kabupaten Banyuwangi di Provinsi Jawa Timur. Kabupaten ini berbatasan dengan Kabupaten Bogor di utara, Kabupaten Cianjur di timur, Samudra Hindia di selatan, serta Kabupaten Lebak di barat.

Arti Lambang Kabupaten Sukabumi

Lambang Kabupaten Sukabumi diwujudkan dalam gambar berpola perisai dengan latar belakang berwarna hitam. Di dalam perisai terdapat pola dengan latar warna kuning yang berisi kolase simbol gambar punggung penyu dan sayap walet, gambar takikan karet dan daun teh serta gambar pusaka kujang. Di bagian bawah terdapat tulisan “Gemah Ripah Loh Jinawi”. Lambang tersebut memiliki makna sebagai berikut:

Lambang Perisai :

Menggambarkan Perlindungan Pemerintah daerah terhadap Penduduk dan semua kekayaan alam di wilayah Kabupaten Sukabumi.

Warna Hitam :
Berarti kekal dan abadi

Warna Kuning :
Keadaan yang gilang gemilang

Gambar punggung penyu dan sayap wallet melambangkan :
Potensi sumber daya alam yang sangat potensial

Warna Hijau pada kotak punggung penyu melambangkan :
Kehidupan yang tentram, subur dan makmur

Gambar takikan karet dan daun teh melambangkan :
Potensi komoditas perkebunan

Gambar Kujang melambangkan :
Pusaka Pajajaran yang dahulu kala berkuasa di bumi Jawa Barat, termasuk Kabupaten Sukabumi

Tulisan Gemah Ripah Loh Jinawi:

Tenteram dan makmur serta sangat subur tanahnya

Dengan luas wilayah 4.128 km², Kabupaten Sukabumi merupakan Kabupaten terluas kedua di Jawa setelah Kabupaten Banyuwangi. Batas wilayah Kabupaten Sukabumi 40 % berbatasan dengan lautan dan 60% merupakan daratan.

Untuk Infomasi lebih lengkap tentang KABUPATEN SUKABUMI, Klik SITE

 

SITE

WISATA KAB. SUKABUMI

WartaWisata.id - Perjalanan menuju Curug Puncak Manik yang berada di Kampung Pasirceri, Desa Cibenda, Kecamatan Ciemas, Kabupaten Sukabumi adalah satu yang harus dilalui dengan penuh perjuangan.  Penasaran dengan cerita dari penduduk setempat akan keindahan air terjun ini dengan melewati 1.000 anak tangga?...
WartaWisata.id - Tak hanya punya pantai pasir putih, Pantai Ujunggenteng punya kawasan 'Turtle Beach'. Tahu nggak kamu? Pantai Ujunggenteng, Sukabumi terkenal dengan pasir putih, pantai yang landai dan karang-karang yang eksotis. Salah satu spot pemandangan yang keren berada di area Turtle...

WARTA TERBARU

DESA WISATA

CERBUNG PATRION