TENTANG KAB. CIREBON

Kabupaten Cirebon, adalah sebuah kabupaten di Provinsi Jawa Barat yang terletak di bagian timur,dan merupakan batas, sekaligus sebagai pintu gerbang Provinsi Jawa Barat. Ibu Kotanya adalah Kota Sumber. Dalam sektor pertanian, kabupaten Cirebon merupakan salah satu daerah produsen beras yang terletak di jalur pantura.

Kabupaten Cirebon berada di daerah pesisir Laut Jawa. Berdasarkan letak geografisnya, wilayah Kabupaten Cirebon berada pada posisi 6°30’–7°00’ Lintang Selatan dan 108°40’-108°48’ Bujur Timur. Bagian utara merupakan dataran rendah, sedang bagian barat daya berupa pegunungan, yakni Lereng Gunung Ciremai. Letak daratannya memanjang dari barat laut ke tenggara. Wilayah Kabupaten Cirebon dibatasi oleh:

– Utara Kabupaten Indramayu, Laut Jawa
– Barat Kabupaten Majalengka
– Selatan Kabupaten Kuningan
– Timur Kota Cirebon, Kabupaten Brebes (Jawa Tengah)

Letak daratannya memanjang dari Barat Laut ke Tenggara. Dilihat dari permukaan tanah/daratannya dapat dibedakan menjadi dua bagian, Wilayah Kecamatan yang terletak sepanjang jalur pantura termasuk pada dataran rendah yang memiliki letak ketinggian antara 0 – 10 m dari permukaan air laut, sedangkan wilayah kecamatan yang terletak di bagian selatan memiliki letak ketinggian antara 11 – 130 m dari permukaan laut.

Kebudayaan yang melekat pada masyarakat Cirebon merupakan perpaduan berbagai budaya yang datang dan membentuk ciri khas tersendiri. Hal ini dapat dilihat dari beberapa pertunjukan khas masyarakat Cirebon antara lain Tarling, Tari Topeng Cirebon, Wayang Kulit Cirebon, Sintren, Kesenian Gembyung, dan Sandiwara Cirebonan.

Kabupaten ini juga memiliki beberapa kerajinan tangan di antaranya Topeng Cirebon, Lukisan Kaca, Bunga Rotan, dan Batik.

Salah satu ciri khas batik asal Cirebon yang tidak ditemui di tempat lain adalah motif Mega Mendung, yaitu motif berbentuk seperti awan bergumpal-gumpal yang biasanya membentuk bingkai pada gambar utama.

Motif Mega Mendung adalah ciptaan Pangeran Cakrabuana (1452-1479), yang hingga kini masih kerap digunakan. Motif tersebut didapat dari pengaruh keraton-keraton di Cirebon. Karena pada awalnya, seni batik Cirebon hanya dikenal di kalangan keraton. Sekarang di Cirebon, batik motif mega mendung telah banyak digunakan berbagai kalangan. Selain itu terdapat juga motif-motif batik yang disesuaikan dengan ciri khas penduduk pesisir.

Untuk Infomasi lebih lengkap tentang KABUPATEN CIREBON, Klik SITE

 

SITE

WISATA KAB. CIREBON

WartaWisata.id - Kian populernya traveling membawa dampak di berbagai aspek, tak terkecuali kemunculan tempat wisata secara dadakan. Salah satu yang belakangan jadi buah bibir adalah bunga eceng gondok di Cirebon. Lahan dipenuhi eceng gondok di Blok Wadas, Kecamatan Plered, Kabupaten Cirebon, Jawa Barat, ini semula...
WartaWisata.id - Senja memang salah satu momen yang paling diburu. Banyak alasan yang melatarbelakangi orang untuk menikmati senja. Melepas penat, meluapkan lara, romantisme dan lainnya. Senja datang tak lama, sebentar tapi bermakna. Menikmati senja memang kadang butuh perjuangan, ada yang...

WARTA TERBARU

DESA WISATA

CERBUNG PATRION