TENTANG KAB. BANDUNG

Kabupaten Bandung adalah sebuah kabupaten di Provinsi Jawa Barat, Indonesia. Ibu kotanya adalah Soreang.

Sebagian besar wilayah Kabupaten Bandung adalah pegunungan, kecuali wilayah utara yang merupakan dataran rendah yang sering terendam banjir. Di antara puncak-puncaknya adalah: Gunung Patuha (2.334 m), Gunung Malabar (2.321 m), serta Gunung Papandayan (2.262 m) dan Gunung Guntur (2.249 m), semuanya di perbatasan dengan Kabupaten Garut dan Kabupaten Cianjur.

Kabupaten Bandung terdiri atas 31 kecamatan, yang dibagi lagi menjadi 277 desa dan kelurahan (pascapemekaran). Pusat pemerintahan terletak di Kecamatan Soreang.

Lambang berbentuk perisai terbagi atas empat bagian, yaitu :

I. Bagian kanan atas berlatar kuning emas
Dengan gambar gunung (Gb. Tangkuban Perahu) berwarna hijau, melambangkan bahwa Kabupaten Bandung termasyhur karena tanahnya yang subur di daerah bergunung-gunung, dan sebagai ciri memiliki gunung Tangkuban Perahu yang sangat terkenal dengan legenda Sangkuriang.

II. Bagian melintang bergerigi
Merupakan bentuk bendungan kokoh kuat berwrna hitam. Melambangkan masyarakat Kabupaten Bandung memiliki pendirian yang kokoh dan kuat, baik secara fisik dalam membendung hawa nafsu.

III. Pohon kina berwarna hijau dan berlatar belakang merah
Melambangkan di Kabupaten Bandung kaya akan air, baik air maupun air danau. Kabupaten Bandung di lintasi oleh sungai Citarum, sungai Cikapundung, dab sungai-sungai kecil lainnya. Kabupaten Bandung danau/situ Patengang, Situ Cileunca, Situ Lembang, Situ Ciburuy, dan danau-danau lainnya.

IV. Dibawah perisai tertulis dalam pita kuning : REPEH RAPIH KERTARAHARJA, Artinya :
REPEH : Suasana kehidupan yang aman dan tentram.
RAPIH : Suasana kehidupan yang rukun dan tertib dalam lingkungan yang bersih,
sehat dan asri.
KERTARAHARJA : Tatanan kehidupan yang sejahtera lahir dan batin secara seimbang,
serasi adil dan merata. (Sumber : Perda No. 11 Tahun 1956)

Batas wilayah
Utara : Kabupaten Bandung Barat, Kota Bandung, Kota Cimahi, dan Kabupaten Sumedang
Selatan : Kabupaten Garut dan Kabupaten Cianjur
Barat : Kabupaten Bandung Barat
Timur : Kabupaten Garut

Untuk Infomasi lebih lengkap tentang KABUPATEN BANDUNG, Klik SITE

 

SITE

WISATA KAB. BANDUNG

WartaWisata.id - Ingin bersantai di air terjun dengan suasana sejuk dan nyaman? Jika ke Bandung, tidak ada salahnya berkunjung Curug Tilu Leuwi Opat. Bicara soal wisata air terjun, mungkin Curug Tilu Leuwi Opat bisa jadi rujukan bagi Anda yang ingin melepas...
WartaWisata.id - Sobat Pesona yang suka pemandangan hutan pinus biasanya kemana? Ke Yogyakarta atau ke Malang? Kalau aku, Hutan Pinus Rahong di Pangalengan, Jawa Barat, adalah yang paling aku suka. Mengapa? Karena Hutan Pinus Rahong cenderung sepi dan udaranya...

WARTA TERBARU

DESA WISATA

CERBUNG PATRION