TENTANG KAB GORONTALO

Kabupaten Gorontalo adalah sebuah kabupaten di Provinsi Gorontalo. Ibu kota kabupaten ini terletak di Limboto. Sejak ditetapkan sebagai Kabupaten pada tahun 1959 hingga sekarang, Kabupaten Gorontalo sudah mengalami tiga kali pemekaran. Pemekaran pertama pada tahun 1999 yang melahirkan Kabupaten Boalemo, pemekaran ke dua pada tahun 2003 yang melahirkan Kabupaten Bone Bolango, dan terakhir pada tahun 2007 yang melahirkan Kabupaten Gorontalo Utara.

Kabupaten Gorontalo memiliki luas wilayah 1.750,83 km² dengan jumlah penduduk terbanyak di Provinsi Gorontalo yakni sebanyak 355.988 jiwa atau 34,22% dari total penduduk.

Hari lahir Kabupaten Gorontalo ditetapkan pada tanggal 26 November 1673. Penetapan ini didasarkan pada penandatanganan perjanjian ikatan keluargaan lima kerajaan yang disebut U Duluwo Limo Lo Pohala'a. Kelima kerajaan tersebut yakni Kerajaan Gorontalo, Limboto, Suwawa, Boalemo dan Atinggola. Kelima kerajaan tersebut selanjutnya menjadi wilayah pemerintahan Kabupaten Gorontalo yang merupakan kesatuan masyarakat hukum Limo Lo Pohala'a dengan empat unsur yakni wilayah, rakyat, pemerintah dan kedaulatan.

Kabupaten Gorontalo dibentuk dibentuk berdasarkan Undang-Undang Nomor 29 Tahun 1959 tentang Pembentukan Daerah-Daerah Tingkat II di Sulawesi dengan ibu kota di Isimu. Pada tahun 1978 ibu kota dipindahkan ke Limboto.

Jumlah penduduk Kabupaten Gorontalo berdasarkan sensus penduduk pada tahun 2010 sebanyak 355 988 jiwa dengan distribusi penduduk menurut kecamatan bervariasi dari yang terendah sebesar 2,14 persen di Kecamatan Biluhu hingga yang tertinggi sebesar 12,82 persen di Kecamatan Limboto. Agama mayoritas yang dianut penduduk Kabupaten Gorontalo adalah Islam (99,42%).

Untuk Infomasi lebih lengkap tentang KABUPATEN GORONTALO, Klik SITE

 

SITE

WISATA KAB. GORONTALO

WartaWisata.id – Destinasi wisata relijius di Desa Bongo Kecamatan Batudaa Pantai Kabupaten Gorontalo akan dilengkapi sarana mancakrida atau outbond.  Fasilitas mancakrida ini akan semakin memanjakan pengunjung ke desa yang dulunya tandus dan gersang ini. “Kami sedang menyiapkan ahlinya untuk memasang alat,” kata Yosep Tahir Mauf,...
WartaWisata.id – Desa Wisata Reliji Bubohu Bongo di Kecamatan Batudaa Pantai Kabupaten Gorontalo semakin cantik dengan beragam sajian alam dan budayanya. Empat rumah tradisonal yang menjadi ikon desa ini adalah lokasi yang paling dicari untuk berfoto oleh wisatawan. Wisatawan ini juga...

WARTA TERBARU

DESA WISATA

CERBUNG PATRION