TENTANG KAB BOALEMO

Kabupaten Boalemo dengan ibu kota Tilamuta merupakan kabupaten hasil pemekaran Kabupaten Gorontalo pada tahun 1999. Kabupaten Boalemo dibentuk pada tanggal 12 Oktober 1999 berdasarkan Undang-Undang Nomor 50 Tahun 1999 yang telah diubah dengan Undang-Undang Nomor 10 Tahun 2000 tentang Pembentukan Kabupaten Boalemo.

Arti Logo Kabupaten Boalemo

Lambang Daerah Kabupaten Boalemo dimuat dalam bentuk segi Lima, yang melambangkan 5 (lima) Sila Pancasila. Lambang Daerah Kabupaten Boalemo memuat kondisi Geografis dan potensi alam Boalemo antara lain ;

Gunung, Laut, Kelapa, Sawah Dan indentitas Hewan Langka di Kabupaten Boalemo yaitu Burung Maleo Lambang Daerah Kabupaten Boalemo memuat senjata khas masyarakat Boalemo yaitu keris (Bituo); Warna Dasar / Arsir Hijau yang merupakan warna adat (linula) Boalemo melambangkan kesejahteraan Masyarakat Boalemo; Atribut lambang Kabupaten Boalemo memuat symbol padi dan kapas yang melambangkan kesejahteraan Masyarakat Boalemo; Landasan bingkai lambang kabupaten Boalemo bertuliskan Kabupaten Boalemo; Ukuran lambang Kabupaten Boalemo disesuaikan dengan kabutuhan di mana lambang itu akan ditempatkan.

Pemaknaan Simbol Dalam Logo :

Gunung : Melambangkan sumber potensi alam ilayah Kabupaten Boalemo
Sawah/Ladang : Melambangkan potensi pangan di kabupaten Boalemo
Kelapa : Melambangkan salah satu komoditas yang dihasilkan oleh masyarakat Boalemo
Laut : Melambangkan Potensi Kelautan dan Perikanan serta Pariwisata
Burung Maleo : Melambangkan hewan langka terdapat di kabupaten Boalemo
Keris (Bituo): Melambangkan kesiapan dan rasa percaya diri Masyarakat Boalemo.
Padi dan Kapas : Melambangkan kesejahteraan Masyarakat sebagai cita-cita kemakmuran masyarakat Boalemo
Pemaknaan Landasan / Bingkai : Landasan / Bingkai yang bertuliskan Kabupaten Boalemo yang ditandai dengan warna hitam di atas putih melambangkan keabsahan Pemerintah (pemerintah Boalemo)

Pemaknaan Warna Dalam Logo :

Hijau melambangkan warna adat ( Linula ) Boalemo yang tidak bisa di ubah-ubah lagi karena warna ini adalah merupakan ciri khas warna jeruk dan menjadi nama keharuman Masyarakat Boalemo.
Hijau Tua melambangkan Hukum dan Kekayaan alam
Kuning melambangkan kemakmuran Rakyat Indonesia (sebagai cita-cita Masyarakat Boalemo)
Biru muda melambangkan langit
Biru Tua melambangkan laut
Hitam di atas putih melambangkan keabsahan Pemerintah (Pemerintah Boalemo)

Untuk Infomasi lebih lengkap tentang KABUPATEN BOALEMO, Klik SITE

SITE

WISATA KAB. BOALEMO

WartaWisata.ID - Pulo Cinta, adalah salah satu wisata andalan Indonesia yang terletak di Provinsi Gorontalo. Dari Bandara Anda akan melakukan perjalanan selama 2 jam menuju Kabupaten Boalemo. Selanjutnya dari Pelabuhan Boalemo, naik Perahu Boat akan membawa Anda selama sekitar...

WARTA TERBARU

DESA WISATA

CERBUNG PATRION