Liburan Makin Seru di Semarang Jika Pergi Tempat Wisata Ini

Berikut ini beberapa tempat wisata yang letaknya di kabupaten Semarang. Dijamin bikin kamu ingin mengunjunginya lagi dan lagi

301 views
0

WartaWisata.ID – Lawang Sewu, Kelenteng Sam Poo Kong, Pasar Semawis, atau tempat wisata di kota Semarang mungkin sudah membosankan bagi kalian yang sering liburan ke sana. Nah, jika kebosanan itu sudah menghinggapimu, maka gak ada salahnya untuk mengarahkan kendaraan ke wilayah kabupaten.

Berikut ini beberapa tempat wisata yang letaknya di kabupaten Semarang. Dijamin bikin kamu ingin mengunjunginya lagi dan lagi!

Eling Bening

Eling Bening adalah sebuah restoran dengan konsep wisata untuk keluarga. Tempat ini sangat disukai oleh anak-anak muda karena banyak spot foto. Di Eling Bening, kamu dapat berfoto di ayunan dengan latar belakang Rawa Pening. Selain itu disediakan spot foto berupa perahu naga yang ditancapkan kokoh pada lembah bukit.

Pengunjung juga dapat mengambil gambar berlatar belakang Gunung Merbabu, Andong, dan Telomoyo. Tempat ini cocok dikunjungi saat musim panas sehingga tidak ada kabut yang menutupi pemandangan.

Selain menyediakan spot foto, terdapat juga tempat makan, kolam, ikan, gazebo, dan kolam berenang yang dapat dinikmati oleh pengunjung.

Jarak Eling Bening dari kota Semarang sekitar 38 km atau sekitar 45 menit.

Alamat : Jl. Kartini Tambakboyo, Ambarawa Bawen, Mustika, Bawen, Semarang, Jawa Tengah

Harga tiket masuk : Rp18.000 per orang

Jam buka : 08.00-22.00

Umbul Sidomukti

Umbul sidomukti adalah tempat wisata yang menawarkan pemandangan lereng gunung Ungaran. Di sini disediakan kolam renang yang letaknya tertinggi di Jawa Tengah alias 1200 mpdl. Selain bisa menikmati sejuknya udara Gunung Ungaran, kamu juga bisa berfoto di rumah Hobbit atau pondok panorama.

Tempat ini juga cocok untuk kamu yang suka tantangan. Di area ini disediakan berbagai permainan yang dapat memacu adrenalin seperti flying fox, jembatan gantung, jembatan jaring, dan sepeda awang. Selain itu bagi kamu yang ingin lebih lama menikmati kesejukan Ungaran, maka kamu bisa menginap di pondok-pondok yang disediakan.

Untuk mencapai Umbul Sidomukti, kamu akan menempuh 29 km atau 1 jam jika berkendara dengan mobil

Alamat : Kawasan Wisata Umbul Sidomukti, Sidomukti, Bandungan, Jimbaran, Bandungan, Manggung, Jimbaran, Kec. Bandungan, Semarang, Jawa Tengah

Harga tiket masuk : Rp5.000 saat weekday, Rp10.000 saat weekend

Harga tiket wahana : Gratis (berenang), Rp15.000 (marine bridge)-Rp 40.000 (highest triangle)

Jam buka : 09.00-16.30 (weekday), 08.00-17.00 (weekend)

Museum Kereta Api Ambarawa

Museum kereta api ini awalnya bernama Stasiun Williem I. Stasiun ini dulu dibangun oleh Nedherlandsch Indische Spoorweg Maatschappij (NISM) lalu diresmikan pada 21 Mei 1873. Setelah stasiun ini dinonaktifkan pada 1976, stasiun ini direncanakan menjadi museum.

Stasiun Ambarawa dipilih menjadi museum kereta api karena kuatnya latar belakang sejarah perjuangan kemerdekaan Indonesia di Ambarawa. Selain itu, masih ada teknologi peninggalan zaman Belanda yang masih bisa dioperasikan.

Dalam museum ini terdapat berbagai jenis kereta api mulai dari berbahan bakar batu bara sampai uap. Di dinding museum juga tercantum peristiwa-peristiwa penting terkait kereta api sejak penjajahan Belanda sampai perkembangan kereta api masa kini. Selain kereta api, museum ini juga menyimpan koleksi lainnya seperti loket karcis, mesin pembuat karcis, dan stasiun-stasiun yang terbuat dari kayu.

Kamu juga bisa naik kereta wisata pada weekend. Kereta yang tersedia adalah kereta diesel rute Ambarawa-Tuntang atau kereta uap rute Ambarawa-Bedono/Ambarawa-Tuntang. Butuh waktu 48 menit atau berkendara sekitar 41 km untuk menuju museum ini.

Alamat : Jalan Stasiun, Jl. Panjang Kidul No.1, Panjang Kidul, Panjang, Kec. Ambarawa, Semarang, Jawa Tengah

Harga tiket masuk : Rp10.000

Jam buka : 08.00-17.00

Benteng Fort Williem

Benteng Pendem Ambarawa atau nama lainnya Benteng Fort Willem 1 adalah bangunan bersejarah yang berdiri sejak tahun 1845. Pendem atau pendhem berasal dari bahasa Jawa yang berarti terkubur. Benteng ini dinamakan seperti itu karena dahulu letaknya di bawah tanah sebagai bentuk taktik perang.

Pada zaman penjajahan Belanda, benteng ini digunakan sebagai barak militer dan gudang logistik militer. Banyaknya jendela dan pintu yang ditumbuhi tanaman merambat dan lumut membuat tempat ini terlihat antik. Karena keunikannya, benteng ini pernah menjadi lokasi syuting film “Soekarno” dengan sutradara Hanung Bramantyo.

Sebenarnya terdapat benteng lain yang berdekatan dengan benteng ini namun pengunjung tidak diperbolehkan untuk masuk. Hal itu karena benteng tersebut digunakan sebagai Lembaga Permasyarakatan (Lapas) IIA Ambarawa.

Untuk menuju benteng ini, kamu dapat lewat jalan kecil di sebelah RSUD Ambarawa. Benteng ini terletak sejauh 40 km atau 48 menit jika berkendara menggunakan mobil dari kota Semarang

Alamat : Bugisari, Lodoyong, Ambarawa, Semarang, Central Java (Belakang RSUD Ambarawa)

Harga tiket masuk : gratis

Jam buka : 08.00-17.00

Candi Gedong Songo

Nama candi ini berasal dari bahasa Jawa. Gedong berarti bangunan dan songo berarti istimewa sembilan. Candi ini dinamakan seperti itu karena adanya 9 kompleks candi dalam satu kawasan.

Candi Gedong Songo dibangun oleh Putera Sanjaya, salah satu Raja Mataram pada abad ke-7. Tujuan pembangunan candi ini adalah pemujaan terhadap para dewa. Hal ini terlihat dari adanya beberapa patung seperti Siwa Mahaguru, Ganesha, dan beberapa patung dewa lainnya.

Selain pemandangan candi, pengelola juga menyediakan pemandian air panas yang mengandung belerang dan tempat perkemahan. Di dekat kawasan ini juga ada tempat wisata lainnya yaitu taman Ayana. Dalam taman ini banyak spot foto untuk kamu yang suka mengambil foto.

Gedong Songo terletak 52 km atau sekitar 1 jam 12 menit dari kota Semarang.

Alamat : Candi Gedong Songo, Candi, Krajan, Banyukuning, Kec. Bandungan, Semarang, Jawa Tengah

Harga tiket masuk : Rp10.000

Jam buka : 06.30-18.00

Itulah beberapa tempat wisata di kabupaten Semarang yang bisa kamu kunjungi jika merasa bosan berwisata keliling kota Semarang.

Komentar kamu?