TENTANG KAB. BELITUNG TIMUR

Kabupaten Belitung Timur Propinsi Kepulauan Bangka-Belitung yang populer sebutan masyarakat setempat dengan singkatan Kabupaten Beltim merupakan daerah otonomi Tingkat II Kabupaten yang baru terbentuk.

Kabupaten Belitung Timur terbentuk berdasarkan Undang-Undang Nomor 5 Tahun 2003 sejak tanggal 25 Februari 2003, bersamaan dengan terbentuknya Kabupaten Bangka Selatan, Bangka Tengah dan Kabupaten Bangka Barat di wilayah Propinsi ke-31 di Indonesia, Propinsi Kepulauan Bangka-Belitung atau disingkat Babel.

Kabupaten ini merupakan hasil pemekaran dari Kabupaten Belitung dan beribukota Manggar, Kabupaten Belitung Timur pernah menjadi lokasi pertambangan timah sejak masa kolonial Belanda hingga masa Orde Baru. Semenjak kemerdekaan, usaha pertambangan dijalankan oleh PN Timah. Kabupaten Belitung Timur ini merupakan tempat “Laskar Pelangi” yang ditulis Andrea Hirata.

Batas Wilayah :
Utara : Laut Natuna
Selatan : Laut Jawa
Barat : Sijuk, Badau dan Membalong
Timur : Selat Karimata

Untuk Infomasi lebih lengkap tentang Provinsi KABUPATEN BELITUNG TIMUR, Klik SITE

SITE

WISATA KAB. BELITUNG TIMUR

WartaWisata.ID Museum Kata Andrea Hirata terletak di Jalan Raya Laskar Pelangi No.7, Gantong, Belitung Timur. Datang ke museum ini, pengunjung akan diajak menapaktilasi perjalanan novel Laskar Pelangi. Mulai dari cuplikan halaman per halaman novel laris tersebut hingga diangkat menjadi...

WARTA TERBARU

DESA WISATA

CERBUNG PATRION