Inilah Tebing Apparalang, Tebing Dengan Panorama Eksotis di Bulukumba

Ya, serupa tapi tak sama, inilah Tebing Apparalang dengan pesona yang menakjubkan

0

WartaWisata.ID – Kalau Nusa Penida punya Devil’s Tears, di Bulukumba kamu juga bisa menemukan tebing dengan panorama yang tak kalah eksotisnya. Ya, serupa tapi tak sama, inilah Tebing Apparalang dengan pesona yang menakjubkan.

Nama Apparalang mungkin belum setenar destinasi wisata lainnya di Bulukumba seperti Tanjung Bira. Tetapi jangan salah, Tebing Apparalang kini menjadi salah satu destinasi wajib yang tak boleh kamu lewatkan begitu saja.

Suguhan alam berupa birunya laut nan memanjakan mata, ditambah karang-karang bawah laut yang bisa dilihat dari atas tebing, memberikan daya tarik tersendiri bagi wisatawan. Bahkan, tak sedikit wisatawan yang menyandingkan Apparalang dengan panorama cantiknya Raja Ampat di Papua.

Tak percaya? Kamu bisa datang langsung ke tebing yang terletak di Desa Ara, Kecamatan Bontobahari, Kabupaten Bulukumba, Sulawesi Selatan.

Mengutip laman Pesona Indonesia, nama Apparalang sendiri berasal dari Bahasa Konjo yaitu Appa yang berarti ujung dan Ralang yang artinya dalam atau curam. Sesuai namanya, di sini kamu akan dikelilingi dengan tebing-tebing memanjang yang curam.

Meski curam, kamu tak perlu khawatir karena di sekitar tebing terdapat jalan-jalan setapak dengan pemandangan birunya laut yang menenangkan. Embusan angin menjadi teman setia ketika berjalan di sekitar tebing.

Kurang puas menikmati pemandangan dari sisi tebing? Jangan khawatir, masih dalam satu kawasan yang sama terdapat dua spot buat kamu yang ingin menikmati birunya air laut dari dekat. Pertama, kamu bisa pergi ke dermaga kayu yang ada di sekitar tebing dengan menuruni sebuah anak tangga. Dibutuhkan sedikit usaha dan kehati-hatian saat menuruni ataupun menaikinya karena sudut tangganya cukup tajam.

Sementara itu, ada juga jembatan-jembatan kayu yang menghubungkan beberapa batu karang. Di bawahnya kejernihan air terlihat begitu menawan. Tidak heran beberapa wisatawan memanfaatkannya untuk snorkeling ataupun sekadar berenang-renang.

Tak cuma itu saja, di sini pun terdapat banyak spot foto yang dijamin bakalan bikin feed Instagrammu semakin kece. Sementara itu, fasilitas yang di tempat ini juga terbilang cukup lengkap seperti gazebo kecil, kamar bilas, hingga musala.

Buat kamu yang ingin mengunjungi Tebing Apparalang, aksesnya terbilang tak terlalu sulit. Tebing ini lokasinya berada tidak jauh dari Pantai Tanjung Bira yaitu sekitar 30 menit dari kawasan wisata Bira.

Sementara dari Kota Makassar tebing ini dapat ditempuh dengan waktu sekitar 5 jam perjalanan. Meski cukup melelahkan, pesona yang ditawarkan tempat ini pun cukup sepadan.
Tertarik mengunjungi Tebing Apparalang?

Komentar kamu?
Previous articleMengenal Sejarah Klenteng Abad ke-17
Next articleCurug Balong Endah, Sebuah Wisata Pelepas Penat di Bogor