Kemenparekraf Gandeng tiket.com Gelar Cross Internship Program

Menparekraf Sandiaga, dalam sambutannya di Raffles Hotel Jakarta, Jumat sore (7/5/2021), menyampaikan bahwa Cross Internship Program menjadi peluang kreatif bagi Kemenparekraf, di mana secara internal menjadi pilihan baru dalam pilihan pengembangan diri pegawai, sementara secara eksternal dapat mendekatkan hubungan antar stakeholder di bidang pariwisata dan ekonomi kreatif.

0

WartWisata.ID – Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf/Baparekraf) menggandeng tiket.com menjalin kerja sama untuk mengembangkan kompetensi Sumber Daya Manusia (SDM) melalui Cross Internship Program.

Cross Internship Program merupakan program pertukaran pegawai Kemenparekraf dengan tiket.com yang memungkinkan pesertanya mempelajari secara langsung pengalaman serta budaya kerja dari masing-masing instansi. Yang diharapkan dari kegiatan ini peserta mendapatkan pengalaman belajar melalui kegiatan mengamati, mengadaptasi, menganalisis, dan berdiskusi best practice di tempat magang.

Menparekraf Sandiaga, dalam sambutannya di Raffles Hotel Jakarta, Jumat sore (7/5/2021), menyampaikan bahwa Cross Internship Program menjadi peluang kreatif bagi Kemenparekraf, di mana secara internal menjadi pilihan baru dalam pilihan pengembangan diri pegawai, sementara secara eksternal dapat mendekatkan hubungan antar stakeholder di bidang pariwisata dan ekonomi kreatif.

“Cross Internship Program 2021 ini nantinya bisa menjadi model pengembangan kompetensi ASN yang dapat menghasilkan sumber daya manusia yang kolaboratif, inovatif, dan adaptif,” ujar Sandiaga.

Lebih lanjut, Sandiaga menjelaskan bahwa nantinya ASN Kemenparekraf dapat belajar berinovasi sebagaimana yang kerap dilakukan di dunia usaha seperti tiket.com. Sedangkan, pegawai tiket.com juga dapat belajar tentang pendekatan pemikiran secara holistik dan kedisiplinan terhadap institusi sebagaimana yang diterapkan di pemerintahan.

“Program ini akan memiliki banyak manfaatnya untuk kita semua. Di dunia usaha kita ternyata punya beberapa pilar-pilar yang dapat kita bawa di pemerintahan untuk meningkatkan kinerja kita. Sedangkan yang di pemerintahan banyak juga pilar-pilar yang digunakan untuk dibawa ke dunia usaha. Misalnya, di dunia usaha kita akan belajar berinovasi, sedangkan di pemerintahan bisa belajar pendekatan pemikiran secara holistik dan kedisiplinan terhadap institusi. Nah ini juga bisa kita bawa di instansi dunia usaha. Maka saya ingin cross internship ini dilakukan karena kita bisa belajar dari dua sisi,” jelas Sandiaga.

Sandiaga berharap kerja sama ini akan melahirkan SDM yang kompeten. Sehingga dapat memulihkan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif, yang akhirnya dapat melanjutkan agenda pembangunan ekonomi Indonesia yang lebih baik.

Sementara itu, Sekretaris Kementerian/Sekretaris Utama Kemenparekraf/Baparekraf, Ni Wayan Giri Adnyani, mengatakan bahwa Cross Internship Program akan dilaksanakan selama 6 bulan, dimulai pada 1 Juni hingga 1 Desember 2021, yang dilaksanakan dengan dua metode yaitu coach dan coachee, serta webinar selama 1 bulan sekali dalam 6 bulan.

“Coach and Coachee dilakukan dengan mengirimkan pegawai Kemenparekraf yang akan magang di tiket.com, sedangkan webinar dilakukan dengan pemaparan materi by request theme. Dipersilakan semua pegawai tiket.com dan ASN untuk ikut dalam seleksi. Program ini dirancang dengan memperhatikan hak dan kewajiban, serta manfaat bagi peserta,” ujar Wayan Giri.

Chief People Officer tiket.com, Dudi Arisandi, menjelaskan bahwa pada gelombang pertama, tiket.com membuka dua direktorat untuk Cross Internship Program 2021. Yakni direktorat marketing dan direktorat people.

“Untuk batch pertama ini di tiket.com ada dua direktorat untuk pemagangan, yang pertama direktorat marketing. Mulai dari brand marketing dan juga public relation sementara itu di performance marketing ada online marketing dan SEO. Lalu juga ada direktorat people yaitu di learning , organization development, culture dan engagement_,” ujarnya.

Komentar kamu?
SOURCEkemenparekraf republik indonesia
Previous articleMenparekraf Ajak AGSI Kolaborasi Kembangkan Subsektor Seni Rupa Indonesia
Next articleMenparekraf Tinjau Progress Pembangunan Edu Hotel Poltekpar Lombok