Pantai Pasir Putih Malikan “Surga di Balik Bukit” Yang Mempesona

1,161 views
0

WartaWisata.ID Pantai Papuma adalah sebuah pantai yang menjadi tempat wisata di Kabupaten Jember, provinsi Jawa Timur, Indonesia.

Pantai Papuma terletak kurang-lebih 40 km sebelah selatan kota Jember. Tempat ini terletak di Desa Lojejer Kecamatan Wuluhan. Menggunakan kendaraan pribadi, baik mobil maupun motor, perjalanan kesana memerlukan waktu antara 60 hingga 90 menit dari Kota Jember, lima sampai enam jam dari Surabaya atau Malang, dan tujuh sampai delapan jam dari Denpasar Bali.

Kata “Papuma” berasal dari akronim Pasir Putih Malikan. Sesuai dengan namanya Pantai Tanjung Papuma adalah sebuah penjorokan daratan ke laut dengan pantai pasir putih. Tidak hanya pasir putih yang terdapat di Papuma, batu-batu hijau, hitam, dan putih beraneka bentuk terhampar di sisi barat Papuma yaitu Pantai Malikan. Inilah perbedaan Papuma dengan pantai- pantai di sekitarnya. Di timur Papuma ada Pantai Watu Ulo dan Pantai Payangan yang berpasir hitam. Perbedaan ini mampu mendatangkan pengunjung lebih banyak ke Papuma dari pada Watu Ulo dan Payangan.

Selain memiliki pesona keindahan pantai juga ditemukan keindahan alam perbukitan dengan anekaragam jenis Flora dan Fauna, sehingga mendapat julukan “Surga dibalik Bukit”.

Berwisata ke pantai merupakan hal yang sangat menyenangkan. Lingkungan yang tenang, semilir angin, dan debur ombak selalu mengiringi tiap kegembiraan yang dihadirkannya. Kegembiraan itu akan semakin lengkap jika di sana terdapat aneka ragam flora fauna. Kicau burung, celoteh monyet, warna-warni serangga melengkapi suburnya tetumbuhan khas pantai. Tanjung Papuma adalah salah satu tujuan wisata di Kabupaten Jember yang mampu menyuguhkan keindahan tersebut.

Sungguh Menyenangkan Bukan?

Komentar kamu?