Menparekraf Dukung Tuban Creative Hub sebagai Wadah Potensi Parekraf

Dalam Focus Group Discussion dengan Tuban Creative Hub yang digelar secara daring, Minggu (14/2/2021) malam, Sandiaga mengatakan Tuban sebenarnya memiliki potensi yang kaya di sektor pariwisata dan ekonomi kreatif.

0

WartaWisata.ID – Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Salahuddin Uno, mendukung keberadaan Tuban Creative Hub sebagai wadah pengembangan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif di wilayah Kabupaten Tuban, Jawa Timur.

Dalam Focus Group Discussion dengan Tuban Creative Hub yang digelar secara daring, Minggu (14/2/2021) malam, Sandiaga mengatakan Tuban sebenarnya memiliki potensi yang kaya di sektor pariwisata dan ekonomi kreatif. Di antaranya Makam Sunan Bonang dan Pantai Kelapa di sektor pariwisata, serta Batik Gedog yang menjadi ciri khas Tuban di sektor ekonomi kreatif.

“Sektor pariwisata dan ekonomi kreatif di Tuban ini sudah hadir dan menjadi bagian dari kehidupan masyarakat. Saya yakin di Tuban gerakan kebangkitan ekonomi kreatif ini sudah dimulai,” kata Sandiaga.

Sehingga, dengan adanya Tuban Creative Hub, Sandiaga berharap potensi pariwisata dan ekonomi kreatif di Tuban bisa digarap dan dikembangkan dengan lebih optimal. “Saya menyambut baik kolaborasi Tuban Creative Hub yang memanfaatkan platform digital sehingga para kreator muda terhubung dan tersambung dengan marketplace,” katanya.

Selain itu, Sandiaga juga mengungkapkan selain mengembangkan potensi wisata dan ekonomi kreatif, Tuban Creative Hub juga diharapkan mampu membuka lapangan pekerjaan seluas mungkin bagi warga masyarakat sekitar. “Mari kita bangkitkan pariwisata dan ekonomi kreatif dan kita ciptakan lapangan kerja bagi generasi muda,” ujar Sandiaga.

Acara ini juga turut dihadiri oleh Deputi Bidang Pengembangan Destinasi dan Infrastruktur Kemenparekraf/Baparekraf, Hari Santosa Sungkari; Deputi Bidang Ekonomi Digital dan Produk Kreatif Kemenparekraf/Baparekraf, Muhammad Neil El Himam; dan Staf Ahli Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Bidang Inovasi dan Kreativitas, Josua Puji Mulia Simanjuntak.

Dalam kesempatan itu, Hari Santosa Sungkari mengatakan tujuan pendirian Creative Hub adalah untuk menampung ide-ide dari anggotanya dan juga memperbanyak pendaftaran hak kekayaan intelektual (HKI) dari produk-produk para pelaku ekonomi kreatif. “Saya harap dari Tuban Creative Hub ini nantinya akan ada ribuan hak cipta dan merek baru di bidang kriya, fesyen, fotografi, kuliner, dan lain sebagainya,” kata Hari.

Hari menyebutkan, Pemerintah Kabupaten Tuban dapat mendaftarkan diri sebagai Kabupaten Kreatif melalui program Kabupaten/Kota Kreatif yang digagas oleh Kemenparekraf/Baparekraf dengan mengakses situs kotakreatif.kemenparekraf.go.id.

“Di situ ada penilaian mandiri semua pentahelix. Dengan adanya ini, kita bisa mengidentifikasi apa saja potensi ekonomi kreatif unggulan di Tuban,” jelas Hari.

Sementara, Deputi Bidang Ekonomi Digital dan Produk Kreatif Kemenparekraf/Baparekraf, Muhammad Neil El Himam menambahkan, perlu ada peran dari berbagai pihak untuk mengembangkan potensi sektor pariwisata dan ekonomi kreatif. “Terutama peran pemerintah daerah yang juga harus aktif dalam mengembangkan sektor pariwisata dan ekonomi keatif, karena jika pemerintah daerah tidak tune in dengan para pelaku pariwisata dan ekonomi kreatif maka akan mengurangi efektivitas pelaksanaan program,” ucap Neil.

Komentar kamu?
SOURCEkemenparekraf republik indonesia
Previous articleHindari Korupsi, Menparekraf Ajak Jajaran Kemenparekraf/Baparekraf Jaga Integritas
Next articleMenparekraf bertemu Menko Perekonomian Bahas Program Kebangkitan Parekraf