Legenda Goa Puteri di Ogan Komering Ulu

Di Goa ini juga mengalir Sungai Sumuhun yang menurut ceritanya apabila kita mandi atau mencuci muka di aliran sungai ini, semua keinginan dapat terwujud.

798 views
0

WartaWisata.ID – Goa Putri merupakan Goa yang terletak di Desa Padang Bindu, Kecamatan Semindang Aji, Kabupaten Ogan Komering Ulu, Baturaja, Sumatera Selatan. Goa ini terletak sekitar satu kilometer yang menghubungkan Baturaja dan Muara Enim. Goa Putri ini menjadi salah satu ikon objek wisata yang diminati oleh para wisatawan dari dalam maupun luar negeri.

Tidak memakan waktu sampai 1 jam perjalanan dari Kota Baturaja, para wisatawan sudah dapat mencapai Objek Wisata ini. Jarak yang harus ditempuh kurang lebih hanya 35 KM, lokasinya mudah dijangkau, dan jika dibutuhkan seorang pemandu siap membantu anda.

Goa putri memiliki kedalaman yang diperkirakan mencapai sekitar 150 meter, ketinggian sekitar 20 meter dan lebar 20-30 meter. Di Goa ini juga mengalir Sungai Sumuhun yang menurut ceritanya apabila kita mandi atau mencuci muka di aliran sungai ini, semua keinginan dapat terwujud.

Menurut Legenda, jaman dahulu kala hiduplah seorang putri yang bernama Dayang Merindu, selir dari Prabu Amir Rasyid, Penguasa Kerajaan Ogan. Suatu pagi, sang Putri mandi di muara sungai Sumuhun dan pada saat mandi, lewatlah seorang pengembara bernama Serunting Sakti ingin sekali menyapa putri yang berparas cantik itu, tapi kehadirannya tidak diperhatikan Putri Dayang Merindu. Serunting Sakti gusar, dia pun berujar, “Sombong nian putri ini, diam seperti batu.” Belum kering ludahnya, Putri Dayang Merindu menjadi batu. Serunting Sakti kemudian pergi ke desa tempat tinggal Putri Dayang Merindu dan keluarganya. Dilihatnya sepi, Serunting Sakti berujar, “Sepi desa ini seperti goa sepi.” Desa itu pun menjadi goa batu.

Di dalam Goa Anda akan disajikan dengan pemandangan stalaktit dan stalagmit. Stalaktit dan stalagmit ini disajikan begitu indah karena pantulan beberapa lampu berwarni-warni. Gemercik aliran sungai Sumuhun pun ikut mengiri perjalanan Anda selama berjelajah di Goa Putri ini. Sungai tersebut lebarnya 20 meter lebar dan panjangnya 160 meter. Di beberapa bagian gua terdapat batu lebar di mana Anda bisa duduk dan tidur.

Fasilitas yang ada juga bisa dibilang lengkap untuk melayani kebutuhan anda. Mushola, Toilet, serta juga terdapat Aula-aula sederhana bagi anda yang ingin melepas lelah ataupun bersantai. Biaya untuk masuk ke goa ini cukup Rp.5000 saja perorang dan biaya parkir kendaraan sebesar Rp.10.000.

Komentar kamu?