Telaga Menjer, Keindahan Tersembunyi di Wonosobo

Telaga menjer ini terbentuk dari letusan gunung pakuwaja yang dulunya aktif.

1,499 views
0

WartaWisata.ID – Telaga Menjer terletak di desa Maron, kecamatan Garung, Kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah. Telaga menjer merupakan sebuah telaga buatan yang di fungsikan sebagai pembangkit listrik tenaga air oleh PLTA Garung. Seiring dengan dengan perkembangan waktu telaga menjer mulai di manfaat kan menjadi tempat wisata yang menarik.

Lokasinya berada di sebelah utara kota wonosobo dengan jarak sekitar 8 KM dari pusat kota.

Telaga menjer ini merupakan sebuah danau terluas yang berada di kaki pegunungan dieng. kedalaman telaga menjer ini mencapai 45 meter. Terletak di ketinggian 1.300 mdpl yang membuta udara disini sejuk cenderung dingin.

Telaga menjer ini terbentuk dari letusan gunung pakuwaja yang dulunya aktif. Sebelum terjadi letusan dari gunung berapi tersebut, tempat ini hanyalah sebuah mata air kecil. Telaga ini menjadi semakin dalam dan luas dengan dibangunya bendungan.

Hanya dengan membayar Rp3000 rupiah sebagai tiket masuk dan Rp2000 rupiah untuk parkir, para wisatawan sudah bisa menikmati berbagai fasilitas yang ada disana. Ada sarana ibadah, kamar mandi, parkir yang luas, spot selfie, gazebo, perahu untuk berkeliling serta rumah makan yang berada di tengah telaga.

Selain itu, saat telaga ini sedang surut atau mengering, maka akan muncul hamparan tanah yang hijau yang bisa kamu nikmati dengan damai. Banyak juga yang menikmatinya dengan cara tiduran layaknya berada di sebuah karpet yang lembut dan empuk.

Sedangkan jika kamu ingin menikmati Telaga secara dekat, para wisatawan bisa menaiki perahu yang tersedia di sekitar telaga. Ada cukup banyak beberapa perahu yang stand by yang siap mengantarkan kamu untuk berkeliling menikmati telaga. Hanya cukup dengan membayar Rp10.000 hingga Rp20.000, kamu bisa berkeliling dengan puas. Kamu juga bisa menyebrang ke rumah makan yang berada di tengah telaga.

Di bukit seroja ini anda bisa menikmati pemandangan telaga menjer dari atas bukit. Dari tempat ini juga akan nampak Gunung Sindoro dan Gunung Kembang sebagai latar pemandangan yang akan anda nikamti.

Komentar kamu?