Selain Namanya yang Unik, Pulau Ini Luar Biasa Pesonanya

4,502 views
0

WartaWisata.ID – Pulau Salah nama adalah sebuah pulau kecil di Selat Malaka, lepas pantai Sumatra, sekitar 40 km dari Tanjung Balai dan 10 km dari selatan Pulau Pandang. Pulau tersebut memiliki panjang sekitar 500 m dan lebar 250 m. Pulau dengan nama yang unik, ditambah pesona alamnya yang sulit diungkapkan. Pulau ini berada di Kabupaten Batubara, Sumatera Utara.

Untuh menempuh perjalanan ke Pulau Salah Nama memerlukan waktu sekira 2 jam dari Pelabuhan Tanjung Tiram. Pulau Salah Nama di Kabupaten Batubara memiliki terumbuh karang yang sangat indah.
Selain itu, air lautnya yang hijau dan jernih sehingga muncul hasrat untuk berenang serta snorkling.

Pulau Salah Nama atau lebih akrab disebut Salah Namo ini awalnya diberi nama organ seksual perempuan karena bentuknya seperti klitoris. Namun, belakangan masyarakat nelayan menyadari nama tersebut tidak nyaman disebutkan, sehingga ketika ditanya wisatawan, mereka enggan menyebutnya dan menuturkan “Salah Nama” hingga para nelayan pun mengganti pulau itu dengan nama Pulau Salah Nama.

Pada malam, pemandangan dari kilauan lampu perahu nelayan yang menangkap sotong dan cumi-cumi, membuat suasana kian asyik.

Pulau Salah Nama masih identik dengan bebatuan, terdapat jembatan-jembatan batu yang dihiasi pot keramik antik sepanjang jalan. Tepian pantai hanya sedikit, itupun hanya bisa dinikmati saat siang hari, karena bila sudah datang sore hari, air pasang akan menenggelamkannya. Tersedia juga pondok-pondok untuk pengunjung bersantap melepas lelah sembari menikmati keindahan lautan. Juga sudah tersedia penginapan untuk Anda yang ingin lebih lama menikmati keindahan pulau, atau sekedar berburu sunrise ataupun sunset saat petang datang.

Komentar kamu?