Pulau Asu, Pulau Terbaik Nias Barat

1,453 views
0

WartaWisata.ID – Pulau Asu terletak di Kepulauan Hinako yang merupakan pulau terluar sebelah barat pulau Nias. Di destinasi wisata di Nias Barat, Sumatera Utara. mungkin para wisatawan akan berpikiran bahwa Pulau ini berbentuk Anjing atau di huni oleh banyak Anjing. Akan tetapi tidak, memang nama Asu juga berarti Anjing namun nama Asu disini adalah sebuah nama objek wisata di Nias Barat ini.

Untuk kalian yang ingin kesini dapat menggunakan pesawat dari Bandara Kuala Namu di Medan menuju Bandara Binaka di Gunung Sitoli. Dari Gunung Sitoli kalian dapat melanjutkan perjalanan ke Kota Sirombu dengan menempuh waktu perjalanan kurang lebih 2 jam. Dan dari Sirombu ada dua pilihan untuk menuju ke obyek wisata Alam Pulau Asu. Kalian dapat menumpang kapal reguler atau menggunakan speed boat. Jika memilih menggunakan kapal reguler akan menghabiskan waktu tempuh 2 jam untuk sampai ke Pulau Asu. Sedangkan menggunakan speed boat hanya memerlukan waktu 40 menit.

Luas pulau ini kurang lebih 18 km dengan penghuni tetap sekitar 20 kepala keluarga. Destinasi pariwisata Pulau Asu bisa dibilang salah satu destinasi pariwisata terindah di Nias Barat karena memang pulau ini memiliki keindahan alam yang sadis alias luar biasa.

Asu sendiri berasal dari kata ‘Asuhan’ yang dalam bahasa Nias berarti terakhir. Masyarakat Nias biasa menyebutnya dengan nama Asuh, hanya saja penggunaan huruf ‘h’ yang tidak terlalu terlihat membuatnya terdengar seperti Asu.

Keindahan pulau ini menjadikannya sebagai salah satu destinasi terindah di Nias Barat. Bayangkan saja, airnya yang jernih berwarna biru beradu dengan cerahnya langit dan pasir putih. Tak ketinggalan lambaian pohon kelapa menghiasi sekeliling pantai. Pantai Asu sangat cocok untuk kamu yang senang berenang atau snorkeling, dan memungkinkan kamu melihat beragam biota laut. Pulau Asu memiliki ombak dengan tinggi 4 sampai 7 meter dan panjang ombak mencapai 200 meter.

Kamu harus menyiapkan dana yang tidak sedikit jika ingin berlibur ke pulau ini. Fasilitas transportasi yang minim dan jauh dari perkotaan membuatmu harus mengeluarkan biaya yang tidak sedikit. Meskipun waktu dan biaya yang dikeluarkan tidak sedikit, namun semuanya akan terbayar dengan pemandangan yang ditawarkan Pulau Asu.

Tidak heran jika Pulau Asu di katakana sebagai tempat wisata di Nias Barat terbaik.

Komentar kamu?