Karawang Punya Pulau Cinta yang Menarik

2,175 views
0

WartaWisata.ID – Karawang memang terkenal sebagai kawasan industrinya yang pesat di wilayah Jawa Barat​. Tetapi jangan salah, karena di kota Karawang juga banyak tempat menarik yang bisa dijadikan liburan atau rekreasi bersama keluarga. Salah satunya adalah Danau Cipule ​Karawang.

Danau ini merupakan bekas lahan tambang pasir yang berada di tepi Sungai Citarum. Terbentuknya danau ini karena proses tambang yang dilakukan secara terus-menerus sehingga membentuk sebuah cekungan besar. Luas danau ini sekitar 90 hektar dengan kedalaman 2 meter.

Lokasinya tepat di tepian Sungai Citarum, tepatnya di Desa Kutapohaci, Kecamatan Ciampel, Kabupaten Karawang, Jawa Barat, sekitar 20 kilometer dari pusat kota Karawang, 3 km dari Bendungan Walahar arah ke Selatan.

Salah satu keunikan yang menjadi daya tarik adalah keberadaan gunung yang menjadi background keindahan dari Danau Cipule. Danau terbaik di Karawang ini terasa sejuk. Danau ini konon pernah dijadikan venue lomba dayung pada perhelatan SEA Games 2011. Selain memiliki danau yang indah, Danau Cipule juga memiliki pulau yang berada ditengahnya. Pulau tersebur bernama Pulau Cinta yang memiliki luas sekitar 2.000 meter persegi dan menjadi salah satu alasan utama wisatawan untuk berkunjung ke Danau Cipule.

Sepertinya kurang lengkap, berwisata ke Danau Cipule tanpa berlayar ke Pulau Cinta. Untuk menuju ke danau tersebut Anda bisa menumpang perahu selama sekitar 5 menit dengan ongkos sekitar Rp 2.000 per orang. Pulau Cinta memiliki keunikan tersendiri yang akan membuat Anda merasa nyaman berlama-lama. Salah satunya, memiliki pohon yang tak terlalu tinggi yang terasa siap dengan anggun dan kokoh untuk memagari Pulau Cinta. Sinar matahari yang menerobos di antara hijaunya dedaunan menambah kecantikan Pulau Cinta ini.

Ketika kaki menginjak tanah Pulau Cinta, aura romantisme begitu terasa. Angin basah yang berhembus dari danau terasa segar. Begitu teduh dan damai. Namun, jika debit air di Danau Cipule sedang tinggi atau naik, maka Pulau Cinta juga tidak dapat dikunjungi karena tergenang air. Oleh karena itu tidak setiap saat pengunjung dapat menikmati Pulau Cinta yang ada di Danau Cipule. Danau yang juga berada di pinggiran sungai Citarum ini memiliki beberapa fasilitas umum yang menarik bagi pengunjung seperti permainan air maupun kuliner yang tersedia di sana.

Keberadaan Danau Cipule juga sangat bermanfaat untuk mengairi persawahan maupun perkebunan warga. Selain itu ikan-ikan yang tidak ada habisnya di Danau Cipule juga menjadikannya tempat favorit bagi warga yang memancing. Danau yang berada di Karawang ini juga tidak begitu sulit untuk ditemukan. Jalan maupun akses akomodasi transportasi untuk menuju Danau Cipule juga tidak sulit dicari.

Komentar kamu?