Destinasi Religi di Indonesia contoh Keberagaman Agama

3,044 views
0

WartaWisata.ID – Indonesia memang salah satu negara yang menawarkan destinasi wisata yang beragam. Salah satunya adalah Wisata Religi yang menggambarkan Keragaman Budaya dan Agama di Indonesia. Disimak, yuk!

1. Masjid Muhammad Cheng Ho di Surabaya

Biasanya masjid didominasi oleh desain arsitektur Timur Tengah, namun Masjid Muhammad Cheng Ho lebih terlihat seperti rumah ibadah umat Konghucu

Dari namanya, kita dapat menduga bahwa arsitektur bangunan ini mungkin mirip seperti arsitektur bangunan-bangunan Cina pada umumnya. Dugaan itu memang benar. Bangunan masjid besar yang terletak di Kota Surabaya ini memang memiliki arsitektur yang mirip seperti klenteng, rumah ibadah umat Konghucu. Meskipun mirip seperti bangunan gaya Tiongkok, masjid ini tetap tidak mengabaikan arsitektur gaya Timur Tengah sebagai arsitektur dasar sebuah masjid, dan arsitektur Jawa sebagai daerah di mana masjid ini berdiri.

Tanpa mengganggu fungsinya sebagai tempat ibadah yang suci, Masjid Muhammad Cheng Ho di Surabaya ini juga menjadi salah satu destinasi wisata religi di Indonesia, khususnya bagi orang yang tinggal di Surabaya dan sekitarnya. Namun, Masjid Muhammad Cheng Ho sebenarnya tidak hanya ada di Surabaya, tetapi juga di daerah-daerah lain seperti Palembang, Jember, dan sebagainya.

2. Graha Maria Annai Velangkanni

Velangkanni via www.pinterest.se

Graha Maria Annai Velangkanni, atau sering disebut Velangkanni saja, merupakan sebuah bangunan gereja untuk umat Katolik yang berlokasi di Perumahan Taman Sakura Indah, Medan Tuntungan. Bangunan ini menjadi salah satu destinasi wisata religi populer bagi masyarakat Medan. Salah satu keunikan yang ditawarkan adalah bentuk bangunannya yang mirip seperti kuil Hindu.

Banyak wisatawan yang berpikir bahwa bangunan ini mungkin didirikan oleh seorang yang menganut agama Hindu, lalu berpindah kepercayaan menjadi Katolik. Anggapan itu ternyata salah, karena pendiri Velangkanni adalah seorang pastor dari India, Pastor James Baratapura. Ia terinspirasi dari sebuah keajaiban di mana orang-orang di Desa Velangkanni, India, percaya bahwa Bunda Maria telah datang ke desa mereka.

Velangkanni dibangun pada tahun 2001 dan baru selesai pada tahun 2005. Durasi yang memakan waktu lama ini disebabkan karena bangunan yang dibuat memiliki arsitektur yang sangat detail dan bangunannya tidak hanya terdiri dari ruangan gereja, tetapi juga terdapat beberapa bangunan untuk pengunjung dapat bermeditasi dan berdoa, lalu menuangkan doanya ke sebuah kertas kecil yang dimasukkan ke dalam sebuah kotak.

3. Wihara Gunung Dewa Siantan

Wihara Gunung Dewa Siantan via www.tempat.co.id

Kepulauan Riau adalah salah satu tempat di Indonesia yang memiliki banyak tujuan wisata umat Buddha. Berlokasi di Tarempat, Kepulauan Anambas, Wihara Dung Dewa Siantan merupakan destinasi paling direkomendasikan untuk wisata religi. Wihara ini dibangun di atas sebuah tebing batu dan pegunungan hijau sebagai pagarnya.

Hingga saat ini, Wihara Gunung Dewa Siantan dijadikan sebagai tempat aktif untuk ibadah agama Buddha, tempat belajar agama untuk umat Buddha, dan pusat kegiatan lain yang berhubungan dengan agama Buddha.

Untuk kamu yang ingin berwisata religi dan ingin mendapatkan foto-foto yang membuatmu semakin hits, Wihara Gunung Dewa Siantan adalah pilihan destinasi yang tepat. Kamu bisa berfoto di pilar-pilar wihara yang dibangun dengan beragam bentuk, mulai dari tiang yang dililit oleh patung ular naga kuning emas, hingga pilar yang dihias dengan patung-patung para dewa.


4. Wihara Seribu Patung Tanjungpinang

Wihara Seribu Patung via melalaak.blogspot.co.id

Wihara Seribu Patung atau yang disebut juga sebagai Wihara Ksitigarbha Bodhisatwa merupakan sebuah destinasi religi yang terletak di Tanjungpinang, Kepulauan Riau. Setiap perayaan Imlek, tempat ini selalu ramai didatangi oleh pengunjung dari berbagai penjuru Indonesia yang menyukai kunjungan-kunjungan sejarah maupun keagamaan.

Wihara Seribu Patung menunjukkan bahwa Borobudur bukanlah satu-satunya tempat wisata Indonesia di mana pengunjung dapat melihat banyak patung yang berjajar rapi. Hal yang membuat tempat ini semakin unik ialah karena setiap patung menyajikan sebuah cerita, namun ditulis dalam bahasa Mandarin. Arsitektur Wihara ini juga mirip seperti wihara-wihara di Tiongkok. Jadi, kalau kamu mau berwisata Indonesia rasa Tiongkok, Wihara Seribu Patung adalah pilihan yang paling tepat!

5. Pura Agung Besakih Bali

Pura Agung Besakih di Bali via www.villa-bali.com

Pura Besakih berada di kawasan Karangasem, Bali. Pura Besakih merupakan salah satu destinasi wisata yang sangat populer di Bali. Kompleks pura ini terdiri dari satu pura agung sebagai pusat dan sepuluh pura pendamping. Pura Besakih merupakan bangunan bersejarah di mana masyarakat yang tinggal di sekitarnya mengadakan upacara dan tradisi agama Hindu. Kini, banyak turis, baik lokal maupun internasional mengunjungi Pulau Besakih saat datang ke Bali.

Dari lima destinasi Religi ini kita dapat melihat jelas betapa Indonesia dibangun atas keberagaman dan itulah kekayaan kita.

Komentar kamu?