Mengenal Candi Gentong di Mojokerto, Penuh Dengan Sejarah

Candi Gentong ini berada di Provinsi Jawa Timur, Kabupaten Mojokerto, lebih tepatnya berada di Kecamatan Trowulan, Desa Jambumente. (photo credit by MAJAPAHIT JOYO/youtube.com)

94 views
0

WartaWisata.ID – Buat WargaWisata yang lagi di Kabupaten Mojokerto, jangan lupa untuk mampir menikmati keindahan wisata sejarah Kerajaan Majapahit yaitu Candi Gentong. Candi Gentong merupakan sejarah yang memiliki keindahan yang bisa kalian jadikan sebagai spot foto.

Candi Gentong ini berada di Provinsi Jawa Timur, Kabupaten Mojokerto, lebih tepatnya berada di Kecamatan Trowulan, Desa Jambumente. Candi ini bisa kalian temukan di jalan menuju utara dari Jalan Raya Mojokerto-Jombang. Jalan menuju candi ini hampir sama menuju ke Candi Brahu, karena antara Candi Brahu dan Candi Gentong memiliki jalur yang sama atau searah.

Saat ke Candi Gentong, kamu akan disambut dengan tulisan yang menunjukkan Informasi mengenai Candi Gentong, jadi kalian tidak akan tersesat untuk menuju ke sini. Wisata sejarah ini memiliki dua bagian, ada Candi Gentong 1 yang berada di selatan dan Candi Gentong 2 yang berada di utara. Jarak keduanya berkisar ±25 meter.

Walaupun memiliki nama yang sama “Candi Gentong” namun keduanya memiliki perbedaan dalam struktur bangunan. Candi Gentong 1 bagian selatan lebih tinggi dibandingkan Candi Gentong 2. Walaupun dari luar tidak begitu kelihatan candinya, namun kalian tetap bisa menikmati keindahan wisata ini jika kalian sudah masuk ke wilayah Candi Gentong.

Kamu ingin menikmati keindahan Candi ini, kamu tak perlu khawatir mengeluarkan budget yang banyak, karena bayarnya seikhlasnya. Parkir di candi ini juga tidak dipungut biaya. Jadi, tunggu apalagi? Silahkan mampir dan pelajari peninggalan sejarah yang ada di Kecamatan Trowulan ini.

Saat ingin menikmati keindahan peninggalan sejarah Candi Gentong, kamu harus mengisi data di pos jaga yang terletak di depan. Jadi, setelah kalian parkir motor, kalian bisa langsung menuju ke pos untuk mengisi data yang terdapat beberapa kolom yang berisi nama, pekerjaan, tujuan, dan tanda tangan. Mudah sekali kan untuk menikmati dan belajar sejarah di sini?

Setelah sudah mengisi data, kalian akan disuguhkan dengan tulisan yang berupa sejarah ditemukannya Candi Gentong 1 dan Candi Gentong 2. Kalian bisa baca informasi sejarah ditemukannya Candi Gentong yang sudah ditunjukkan di depan sebelah dari pos jaga.

Ada beberapa peraturan saat berada di Candi Gentong, salah satunya kita tidak boleh naik ke bangunan candi. Dan buat kalian yang ingin melihat kedua bagian dari Candi Gentong , kalian bisa jalan di jalur yang sudah disediakan. Fasilitas di candi ini sudah bagus karena ada jalan setapak yang sudah di paving dan ada beberapa tanaman yang dibentuk cantik, sehingga membuat kalian betah menikmati keindahan candi ini.

Candi Gentong akan membuat kalian betah berlama-lama di sini, karena terdapat beberapa pohon rindang dan disediakan beberapa kursi untuk menikmati Candi Gentong, kalian pun tidak perlu khawatir untuk membuang sampah, karena disetiap tempat sudah disediakan tempat sampah, jadi buang sampah ditempatnya ya guys!

Walaupun fasilitas wisata Candi Gentong sudah bagus, namun minat pengunjung masih kurang guys, karena menurut petugas yang jaga dan daftar tamu, Candi Gentong merupakan candi yang memiliki peminat tidak sebanyak di candi-candi sekitarnya. Tapi, Candi Gentong ini juga dikunjungi wisatawan dari luar kota lho, salah satunya dari Jakarta.

Berkunjung ke wisata sejarah bukan hanya mengurangi penat kalian dari padatnya aktivitas, namun juga bisa menambah ilmu pengetahuan kalian.

Komentar kamu?