Pesona Selong, Spot Pantai Indah dan Eksotis

Jarak pantai ini dari Kota Mataram sekitar 49 km, atau bisa ditempuh dalam waktu sekitar 2 jam perjalanan. Jalurnya juga sudah bagus, dan bisa diakses dengan mudah menggunakan Google Map, Pantai Selong Belanak buka selama 24 jam dan tidak memungut biaya masuk alias gratis. (credit photo by Langkah DK/youtube.com)

154 views
0

WartaWisata.ID – Sesuai dengan namanya, pantai ini terletak di Selong Belanak, Praya Barat, Kabupaten Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat. Pantai ini merupakan bagian dari Teluk Selong Belanak dan memiliki tepi sepanjang sekitar 1 kilometer. Keunggulan Pantai Selong Belanak adalah keindahan pemandangan dan garis pantainya yang melengkung seperti bulan sabit. Di bagian ujung pantainya, terdapat bukit-bukit cantik yang semakin melengkapi panorama di pantai ini.

Pantai ini juga memiliki pasir yang putih dan halus putih, kontur yang landai, serta ombaknya relatif tenang. Para pengunjung pun bisa melakukan berbagai aktivitas di area pantai, seperti bersantai, jalan-jalan, berjemur, berenang, dan lain sebagainya. Di sisi kanan pantai, ombaknya agak besar sehingga bisa dimanfaatkan untuk wiisatawan yang ingin melakukan surfing.

Tak hanya itu, pengunjung juga bisa melakukan diving, karena pantai ini juga memiliki pemandangan alam bawah laut yang menawan. Untuk pengunjung yang ingin belajar surfing, ada juga jasa pemandu yang siap untuk membantu. Pengunjung akan dikenakan biaya Rp 50 ribu untuk menyewa papan selancar, dengan tarif pemandu sebesar Rp100 ribu untuk pemula. Lokasi Pantai Selong Belanak berada tidak jauh dari pemukiman nelayan, sehingga wisatawan juga bisa melihat kehidupan dan aktivitas para penjelajah laut itu. Tak hanya itu, wisatawan juga bisa menyewa perahu nelayan setempat untuk memancing.

Pantai ini memang belum sepopuler pantai-pantai lainnya di Pulau Lombok, sehingga masih sangat sepi. Tak heran, banyak yang menyebut bahwa Pantai Selong Belanak merupakan surga tersembunyi yang menyajikan keindahan alam dan ketenangan. Meski terbilang masih baru, objek wisata ini sudah memiliki fasilitas yang lengkap, seperti gazebo, toilet serta warung makan dengan berbagai pilihan menu makanan.

Jarak pantai ini dari Kota Mataram sekitar 49 km, atau bisa ditempuh dalam waktu sekitar 2 jam perjalanan. Jalurnya juga sudah bagus, dan bisa diakses dengan mudah menggunakan Google Map, Pantai Selong Belanak buka selama 24 jam dan tidak memungut biaya masuk alias gratis. Pengunjung hanya perlu membayar biaya parkir sebesar Rp5 ribu untuk sepeda motor dan Rp10 ribu untuk kendaraan roda empat.

Komentar kamu?