Desa Gunung Jampang, Berasa di Ubud Bali

Desa wisata ini merupakan salah satu bentuk pengembangan desa kreatif lewat sebuah program BumDes (Badan Usaha Milik Desa). (credit photo by im rofik/youtube.com)

163 views
0

WartaWisata.ID – Ubud merupakan salah satu destinasi wisata yang ikonik di Bali. Namun, sebenarnya bukan itu saja lokasi dengan pemandangan perdesaan yang indah. Objek wisata seperti ini juga ada di Garut, Jawa Barat. Objek wisata ini bernama Desa Gunung Jampang. Lokasinya berada di Kecamatan Bungbulang, Garut Selatan.

Desa wisata ini merupakan salah satu bentuk pengembangan desa kreatif lewat sebuah program BumDes (Badan Usaha Milik Desa). Objek wisata ini pun menghadirkan sentuhan baru dalam destinasi wisata desa di Garut. Desa Gunung Jampang merupakan wisata alam buatan yang mengangkat tema Local Heroes. Target pengunjungnya adalah para pecinta alam yang ingin menantang adrenalin. Saat memasuki Desa Gunung Jampang, pengunjung akan disambut dengan suasana pemandangan alam dengan hamparan sawah yang hijau, seperti berkunjung ke Ubud Bali. Tak hanya itu, bukit-bukit hijau yang menjulang juga sangat menyejukkan pandangan.

Salah satu kegiatan unik yang ditawarkan di tempat ini adalah menjelajahi Desa Gunung Jampang dengan mobil Jeep. Dijamin, pengunjung akan ketagihan untuk merasakan sensasi berkeliling desa dengan mobil Jeep. Selain tur desa dengan mobil Jeep, pengunjung juga bisa menjelajahi Desa Gunung Jampang dengan transportasi alternatif lainnya, yaitu truk. Pengunjung bisa merasakan serunya naik truk seperti yang ada di serial film pendeknya Bu Tedjo ‘Tilik’, sambil berkeliling desa.

Alternatif lainnya adalah menggunakan sepeda motor, yang bisa dipesan terlebih dahulu kepada Karang Taruna setempat atau ojek lokal. Kisaran biaya untuk berkeliling desa dengan menggunakan truk adalah Rp50.000 per orang, sedangkan biaya ojek lokal sekitar Rp75.000 hingga 100.000 tergantung jarak tempuh ke titik yang ingin dituju. Desa Gunung Jampang bisa ditempuh selama sekitar 3 sampai 5 jam dari Garut kota. Desa ini bisa ditempuh lewat beberapa arah, yakni melalui kawasan Sumadra, Pakenjeng-Pamulihan atau dari Kecamatan Bungbulang.

Komentar kamu?