Sore Indah di Candi Ijo Jogja

Menikmati keindahan struktur bangunan, wisatawan juga bisa menikmati pemandangan yang indah di sekitar Candi Ijo. (credit photo by YOUR TRAVEL DIARY/youtube.com)

126 views
0

WartaWisata.ID – Salah satu wisata sejarah yang wajib dikunjungi saat berlibur ke Jogja adalah Candi Ijo. Candi Ijo merupakan candi umat Hindu yang berlokasi di Kabupaten Sleman, 4 km arah tenggara dari Candi Ratu Boko. Candi yang berada di atas bukit ini juga merupakan salah satu candi tertinggi di Indonesia.

Candi Ijo diperkirakan dibangun pada saat pemerintahan Kerajaan Medang, yakni sekitar abad ke-10 dan 11. Kawasan ini memiliki luas ysng terbilang kecil, yaitu sekitar 0.8 hektar. Kompleks Candi Ijo terdiri dari 17 struktur bangunan yang terbagi dalam 11 teras berundak. Teras yang paling bawah terletak di bagian barat.

Sementara, di depannya terdapat tiga candi yang lebih kecil yang menghadap ke arah timur. Selain menikmati keindahan struktur bangunan, wisatawan juga bisa menikmati pemandangan yang indah di sekitar Candi Ijo. Pada sore hari, wisatawan juga akan disajikan pemandangan matahari terbenam.

Objek wisata sejarah ini juga sudah dilengkapi oleh mushola, pos satpam, toilet serta warung yang menjual makanan. Di dalam kawasannya, juga terdapat Pos Penjagaan yang siap memberikan data mengenai Candi Ijo, Waktu terbaik mengunjungi candi ini tentu saja adalah di sore hari, saat matahari terbenam. Meskipun masih kalah pamor dengan Candi Prambanan, Candi Ijo berhasil memikat wisatawan saat sunset.

Candi Ijo buka setiap hari, mulai pukul 6 pagi hingga setengah 6 sore. Tiket masuk kawasan Candi Ijo sebesar 5000 rupiah. Kamu sudah siap mengunjungi Candi Ijo setelah pandemi berakhir?

Komentar kamu?