Menikmati Senja di Jogja, Dari Tempat Tersembunyi

Puncak ini memiliki pemandangan 360 derajat tanpa ada halangan apapun sehingga kalian dapat menyaksikan langsung fenomena alam hingga gagahnya gunung-gunung yang mencakar langit.

171 views
0

WartaWisata.ID – Mungkin selama ini, tempat tertinggi itu banyak diketahui di sebagian daerah Puncak Mangunan atau Gunung Api Purba Ngglanggeran yang merupakan warisan geopark dunia. Ternyata puncak tertinggi, ada di Puncak Batur Agung atau lebih dikenal dengan Embung Sriten yang masih masuk dalam barisan Pegunungan Seribu. Seperti daerah yang lebih dulu berkembang yaitu Kawasan Gunung Api Purba Ngglanggeran dengan Embung Ngglanggerannya, Puncak Sriten ini juga membunyai embung dengan fungsi yang sama yaitu menampung air dan mengairi kawasan perkebunan buah di sekitar Embung dan Puncak.

Banyak hal menarik yang dapat kalian temui di kawasan Puncak Sriten ini. Mungkin karena lokasinya berada di bagian utara Kabupaten Gunungkidul yang tidak banyak dikenal dibandingkan dengan area selatan sehingga belum banyak yang tahu tentang potensi apa saja yang terdapat di kawasan Puncak Sriten ini. Puncak tersebut terletak di Desa Pilangrejo, Kecamatan Nglipar. Jalur paling aman menuju puncak dengan ketinggian 859 meter di atas permukaan laut tersebut melalui Desa Pilangrejo. Setelah kalian masuk ke Desa Pilangrejo, kalian dapat melanjutkan perjalanan menuju Dusun Sriten.

Jangan kaget jika jalan yang kalian lewati akan terus menanjak. Sesekali pelankan kendaraan dan nikmati pemandangan sekeliling atau sadari bahwa kalian sudah berada di ketinggian dengan melihat ke belakang. Setelah sampai di rumah terakhir warga, maka kalian akan bertemu dengan portal jalan dengan pos retribusi. Tiket yang terbilang cukup murah ini digunakan untuk pengelolaan kawasan sehingga kalian tetap bisa menikmati alam yang sama dengan pengunjung lainnya.

Puncak ini memiliki pemandangan 360 derajat tanpa ada halangan apapun sehingga kalian dapat menyaksikan langsung fenomena alam hingga gagahnya gunung-gunung yang mencakar langit. Kalian dapat menyaksikan banyak hal mulai dari sunrise, gunung lawu, dan waduk gajahmungkur hingga pada bagian utara kalian bahkan dapat melihat jalan penguhubung Jogja dan Klaten yang tampak jelas. Pada bagian selatan, pemandangan indah Gunung Merapi, Merbabu, Sindoro dan Sumbing akan terlihat memesona pada siang hari.

Tawaran pemandangan yang lengkap ini disempurnakan dengan satu hal yang dapat kalian lakukan yakni meraup seluruh momen dengan cara berkemah di Puncak Sriten.

Komentar kamu?