Melihat Batu Terbesar Dunia di Indonesia

Bukit ini berlokasi di Kalimantan Barat tepatnya pada Kabupaten Sintang dan berada dalam kawasan Hutan Wisata Bukit Kelam.

211 views
0

WartaWisata.ID – Selain memiliki buah pisang terbesar dunia di pedalaman Papua, Indonesia juga memiliki batu raksasa yang dinobatkan sebagai batu terbesar di dunia. Banyak orang yang mengatakan batu monolit ini sebagai bukit maupun gunung karena memang tinggi hingga luasnya yang tidak jauh berbeda dengan gunung. Bukit yang dinamakan Kelam ini menjadi salah satu destinasi wisata menarik di Indonesia.

Bukit ini berlokasi di Kalimantan Barat tepatnya pada Kabupaten Sintang dan berada dalam kawasan Hutan Wisata Bukit Kelam. Tedapat dua sungai yang dekat dengan wisata bukit ini yaitu Melawai dan Kapuas. Kini, kawasan Bukit Kelam dipergunakan sebagai Pusat Perkemahan Pramuka sehingga tidak heran jika namanya sudah tidak asing lagi bagi sebagian orang.

Bukit Kelam atau Batu Kelam ini memiliki ketinggin 1002 mdpl dengan luas kurang lebih 520 hektare. Hal inilah yang membuat bukit yang berada di Kalimantan ini mengalahkan Uluru atau Eyyers Rock yang berada di Australia sebagai monolit terbesar di dunia. Tidak hanya memandang dari kejauhan, bukit batu ini juga dapat kamu daki.

Jika dilihat dari jauh, Bukit Kelam menjadi salah satu panorama yang indah menurut penduduk bahkan wisatawan yang berkunjung. Warna batu yang kontras dengan alam hijau yang mengelilinginya memberikan spot foto yang instagenic dan keren sebagai bahan upload di Instagram maupun hanya sebatas mengoleksi panorama alam Indonesia yang menawan.

Ada yang mengatakan bahwa batu raksasa ini merupakan sebuah meteor yang jatuh pada Sintang. Namun, tidak sedikit pula yang mengaitkan keberadaan batu ini dengan legenda yang dipercayai oleh penduduk setempat seperti cerita seorang pemuda Dayak yang ingin menutup Sungai Kapuas menggunakan batu raksasa ini.

Tidak hanya digunakan sebagai Pusat Perkemahan Pramuka, Bukit Kelam juga menyediakan beragam spot foto keren yang dapat membuat hasil bidikan kamera kalian jauh lebih keren. Terlebih lagi, spot foto ini juga menyuguhkan latar belakang batu raksasa ini sehingga momen yang akan kalian dapatkan terasa lebih sempurna.

Selain memiliki tanaman endemik yakni Kantong Semar dari Spesies Nepenthes Clipeata, Bukit Kelam juga menyediakan tempat bagi kalian yang ingin menguji adrenalin. Terdapat tangga buatan yang dapat kalian gunakan untuk mendaki via ferrata yang merupakan jalur pendakian tertinggi di Indonesia. Tidak heran, jika bukit ini memiliki tempat tersendiri di hati pendaki.

Itulah beberapa informasi menarik mengenai Bukit Kelam yang merupakan batu monilit terbesar dunia yang berlokasi di provinsi yang berjulukan Seribu Sungai ini. Ketinggiannya ini membuat banyak wisatawan kagum setelah melihat langsung Bukit Kelam dari dekat. Destinasi ini juga menjadi incaran karena menghasilkan foto yang indah.

Komentar kamu?