Candi Brahu Mojokerto, Surganya Pemburu Foto

Candi peninggalan Majapahit ini bukan hanya dikunjungi oleh wisatawan lokal saja. Namun wisatawan asing juga menikmati keindahan candi ini.

113 views
0

WartaWisata.ID – Kalian ingin mencari spot keren untuk berfoto dan sekaligus ingin menimba ilmu sejarah, jangan ragu-ragu untuk datang ke Candi Brahu. Banyak view point yang bisa kalian gunakan sebagai spot foto. Barikut informasi lengkap mengenai Candi Brahu yang harus kalian ketahui sebelum berkunjung dan menjelajahi candi ini.

Candi Brahu ini terletak di Jawa Timur, Kabupaten Mojokerto, lebih tepatnya berada di Kecamatan Trowulan Desa Bejijong dan Dukuh Jambu. Akses menuju ke wisata candi di Trowulan ini tidak terlalu sulit, karena berada dekat dengan Kota Mojokerto. Jadi, ketika sedang berada di Kota Mojokerto maupun Kabupaten Mojokerto, kalian wajib mengunjungi keindahan candi yang dapat ditemukan sekitar 2 km ke arah utara dari Jalan Raya Mojokerto-Jombang.

Saat masuk ke utara dari Jalan Raya Mojokerto-Jombang, jangan khawatir jika menemukan jalan yang tidak nyaman untuk dilewati. Jalur menuju Candi Brahu sudah bagus karena jalannya sudah diaspal sehingga tepislah kekhawatiran kalian akibat akses.

Jika ingin berkunjung ke wisata bersejarah ini, kalian hanya butuh budget yang tidak seberapa. Biaya masuk ke Candi hanya dibanderol Rp3.000. Kalian akan disuruh untuk mengisi data yang berisi kolom nama, pekerjaan, tujuan, dan mengisi kolom tanda tangan di Pos Jaga.

Mudah kan untuk menikmati keindahan wisata sejarah ini? Selain itu, untuk parkir motor, kalian hanya butuh mengeluarkan budget sebesar Rp3.000 saja. Sehingga kalian hanya membutuhkan budget kurang lebih Rp6.000 untuk berkunjung dan menikmati keindahan Candi Brahu.

Pada sekitar tahun 939 Masehi, Candi Brahu pada zaman dahulu memiliki fungsi sebagai tempat pembakaran jenazah. Candi ini mempunyai latar belakang keagamaan Budha dan memiliki ketinggian sekitar 25 meter dan menghadap ke arah barat. Jadi kalian bisa melihat keindahan tingginya candi ini untuk spot foto. Selain itu, kalian juga bisa menikmati keindahan tanaman yang dibentuk dengan unik, sehingga dapat dijadikan spot foto keren.

Beberapa tanaman yang ada disekitar candi berbentuk seperti miniatur. Kalian juga akan menemukan tanaman yang dibentuk tulisan Brahu. Tulisan ini juga bisa kalian jadikan sebagai spot foto, namun tetap dijaga ya! Jangan sampai kalian merusak tanaman hanya karena ingin menikmati keindahan spot foto di sekitar candi ini.

Buat kalian yang kadang tidak ingin mengunjungi candi karena panas dan kurang adanya tempat berteduh, tidak perlu khawatir! Pada sekitr candi, banyak pohon rindang yang tumbuh. Selain itu, tersedia juga kursi dan tempat sampah, jadi tidak ada alasan lagi utnuk membuang sampah sembarangan ya kalian.

Biasanya, wisatawan lokal yang menikmati keindahan candi tidak hanya menikmatinya dengan sibuk potret sana-sini, namun juga sibuk untuk piknik di candi. Jadi, kalian bukan hanya disuguhkan keindahan candi, keunikan tanaman yang sudah dibentuk seperti miniatur, namun juga disuguhkan dengan wisatawan yang menikmati candi ini dengan piknik.

Candi peninggalan Majapahit ini bukan hanya dikunjungi oleh wisatawan lokal saja. Namun wisatawan asing juga menikmati keindahan candi ini. Jadi, buat kalian warga Jawa Timur, jangan sampai kalah ya dengan wisatawan asing. Mereka saja jauh-jauh datang ke Candi Brahu untuk mengetahui keindahan dan sejarah dari Candi Brahu, jadi kalian juga tidak boleh kalah untuk menikmati keindahan dan kekayaan cerita sejarah Indonesia.

Kalian akan jauh lebih beruntung jika bertemu dengan penjaga purbakala Candi Brahu, karena kalian akan menerima banyak informasi mengenai sejarah yang ada di sekitar candi ini. Bapak penjaganya juga ramah, sehingga kalian tidak perlu takut untuk bertanya.

Komentar kamu?