Menparekraf Dorong Penyelenggara Kegiatan Daring Libatkan Pekerja Seni dalam Mengemas Acara

Wishnutama Kusubandio dalam keterangannya di Jakarta, Rabu (8/7/2020) mengatakan, pandemi COVID-19 membuat digitalisasi terakselerasi lebih cepat dari yang diperkirakan.

213 views
0

WartaWisata.ID – Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Wishnutama Kusubandio mendorong kreativitas penyelenggara kegiatan dalam mengemas acara, terutama saat ini dimana kegiatan mulai mengombinasikan antara kegiatan secara online juga offline.

Wishnutama Kusubandio dalam keterangannya di Jakarta, Rabu (8/7/2020) mengatakan, pandemi COVID-19 membuat digitalisasi terakselerasi lebih cepat dari yang diperkirakan. Ia mencontohkan dimana saat ini banyak kegiatan-kegiatan pertemuan yang dilakukan dengan menyertakan kegiatan secara online.

“Saat ini banyak webinar-webinar yang sebenarnya untuk menyikapi kegiatan offline yang sementara ini tidak bisa dilakukan akibat pandemi COVID-19. Namun tantangannya adalah bagaimana bisa mengemas acara tetap menarik dan tetap dapat menarik minat banyak orang,” kata Wishnutama.

Salah satu yang bisa dilakukan adalah dengan memasukkan art performance dari para pekerja seni dan kreatif tanah air. Indonesia memiliki ragam seni budaya tinggi yang dapat diaplikasikan ke berbagai bentuk, termasuk untuk dihadirkan secara daring.

Dengan melibatkan penampilan dari para pekerja seni tidak hanya dapat memberikan daya tarik dalam acara, namun juga memberi peluang bagi pekerja seni itu untuk berkarya di tengah pandemi.

Di sisi lain, para pekerja seni juga harus dapat menunjukkan kreativitasnya dalam menciptakan karya dengan menjalankan protokol kesehatan yang baik. Sehingga mereka tetap bisa produktif dan tetap aman dari COVID-19.

“Dalam kegiatan-kegiatan webinar ini, saya berharap agar penyelenggara kegiatan juga dapat melibatkan para pekerja seni agar roda perekonomian di sektor ini dapat bergerak bertahap,” kata Wishnutama.

Komentar kamu?