Tiket Masuk ke Destinasi Labuan Bajo Gratis

Gratis untuk destinasi di luar Taman Nasional Komodo (TNK) seperti Gua Rangko, Cunca Wulan, dll sampai tanggal 31 Juli 2020

200 views
0

WartaWisata.ID – Wisata Labuan Bajo telah kembali buka untuk wisatawan NTT sejak 1 Juli. Untuk menggaet warga lokal, sejumlah tempat wisata juga digratiskan.

Keputusan itu diungkapkan oleh Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Manggarai Barat, Agustinus Rinus, di kutip dari detikcom, Kamis (9/7/2020).

“Gratis untuk destinasi di luar Taman Nasional Komodo (TNK) seperti Gua Rangko, Cunca Wulan, dll sampai tanggal 31 Juli 2020,” ujar Agustinus.

Kabar itu pun juga diamini oleh Kepala Biro Humas dan Protokol Setda Provinsi NTT, Marius Ardu Jelamu. Langkah itu dilakukan sebagai upaya untuk menarik wisatawan domestik kembali pasca masa uji coba adaptasi kebiasaan baru.

“Saya kira benar untuk tarik wisatawan, kecuali untuk TN Komodo,” ujar Marius.

Hanya di masa adaptasi kebiasaan baru atau new normal pariwisata, traveler yang ingin berkunjung ke Labuan Bajo hingga TN Komodo pun wajib mengisi formulir pendaftaran di https://booking.labuanbajoflores.id .

Saat registrasi online, calon wisatawan diminta untuk mempersiapkan dokumen untuk divalidasi seperti surat keterangan dari e-HAC, bukti asuransi, dan identitas calon wisatawan seperti NIK atau paspor.

Setelah itu, kamu akan diminta untuk mengisi data kunjungan selama di Labuan Bajo, mulai data kunjungan ke Kawasan TN Komodo, Wisata darat (non-TN Komodo), Wisata Laut (non-Taman Nasional Komodo).

Untuk calon wisatawan yang akan berkunjung melihat habitat satwa purba Komodo (Varanus komodoensis) di Kawasan TN Komodo diminta untuk memilih lokasi dan mengisi jam kunjungan khususnya untuk di lokasi Loh Liang, Loh Buaya, dan Pulau Padar. Hal yang sama juga diberlakukan untuk Wisata darat (non-TN Komodo), Wisata Laut (non-TN Komodo).

Setelah selesai, email hasil validasi akan dikirimkan melalui email yang digunakan saat pemesanan online. Seluruh dokumen kelengkapan perjalanan termasuk bukti pemesanan online harus dicetak serta dibawa untuk divalidasi kembali saat tiba di Bandara Komodo.

Itu merujuk surat Keputusan Bupati Manggarai Barat Nomor 128/KEP/HK/2020 tentang protokol Tatanan Normal Baru COVID-19 di sektor pariwisata Manggarai Barat serta menindaklanjuti surat Dinas Pariwisata Nomor 556.9/348/VI/Parbud/2020 tentang pembukaan destinasi wisata Kabupaten Manggarai Barat dan di Luar Taman Nasional Komodo.

Komentar kamu?