Curug Rahong, Pesona Untuk Mencari Ketenangan

Curug Rahong menjadi tempat wisata favorit bagi masyarakat Bogor dan sekitarnya.

236 views
0

WartaWisata.ID – Kita tidak bisa melakukan hal-hal menyenangkan, seperti pergi berlibur menikmati birunya laut, atau menikmati segarnya udara di alam terbuka. Nah, di era new normal seperti saat ini, masyarakat sudah diperbolehkan untuk berkunjung ke tempat wisata. Hal itu karena beberapa tempat wisata sudah mulai dibuka satu per satu.

Namun, masyarakat harus tetap mengikuti protokol kesehatan yang berlaku. Hal itu dilakukan untuk mencegah penyebaran virus corona. Salah satu tempat yang bisa kamu kunjungi di fase new normal ini adalah Curug Rahong, Bogor. Selain terkenal dengan udara sejuk di kawasan puncaknya, Bogor juga dikenal kota yang memiliki banyak curug.

Curug Rahong terletak di Kampung Kedaung, Desa Rengasjajar, Kecamatan Cigudeg, Kabupaten Bogor, Jawa Barat. Lokasinya tidak jauh dari Situs Gunung Munara dan Danau Quarry Jayamix. Nama Curug Rahong mungkin masih terdengar asing di telingamu. Namun, jangan salah, saat kamu berkunjung ke sana, matamu akan dimanjakan dengan pemandangan yang sangat cantik dan menawan.

Curug Rahong menjadi tempat wisata favorit bagi masyarakat Bogor dan sekitarnya. Meski masih jarang diketahui, keindahan alam yang ada di curug ini tak perlu diragukan lagi. Air terjun ini berada di tengah hutan liar yang masih alami. Aliran airnya berasal dari Sungai Cibodas yang berada di atas tebing bebatuan.

Ketinggian curug ini kurang lebih 15 meter. Dengan aliran air yang masih sangat bersih dan pepohonan yang mengelilingi curug, memberikan pemandangan yang sangat menakjubkan. Rute untuk menuju curug ini tidak terlalu sulit. Kamu bisa melihat rutenya melalui aplikasi Google Maps.

Untuk menikmati pemandangan curug ini, pengunjung harus berjalan selama 30 menit dari tempat parkir awal. Pengunjung akan menyusuri hutan liar yang masih sangat asri. Setelah sampai, pemandangan air terjun yang sangat gagah akan menyambut para pengunjung.

Suara air yang jatuh dan mengalir perlahan seperti menghilangkan seluruh penat yang ada di dalam tubuh. Pemandangan curug ini juga tak seperti curug biasanya yang mengalir tegak lurus. Curug Rahong ini cenderung terlihat lebih cembung.

Di telaga air terjun, pengunjung bisa berenang sepuasnya. Bagi pengunjung yang ingin menguji adrenalinnya, mereka bisa melompat dari bebatuan di sekitar air terjun. Fasilitas di Curug Rahong juga cukup lengkap. Ada toilet, kamar bilas, dan warung makan yang dilengkapi bangku-bangku dan saung.

Harga tiket untuk memasuki kawasan Curug Rahong juga cukup murah. Mulai dari biaya retribusi sebesar Rp 5.000 dan biaya parkir Rp 10.000.

Komentar kamu?