Taman Mini Indonesia Indah (TMII) Kembali Dibuka di Masa Pandemi COVID-19

Untuk menjaga kesehatan pengunjung, TMII sudah dan akan melakukan sterilisasi wahana di sana. Jelang buka pada 20 Juni 2020, TMII telah membersihkan dan mensterilisasi kawasan wisata seluas 150 hektar tersebut pada 10 Juni lalu.

219 views
0

WartaWisata.ID – Taman Mini Indonesia Indah (TMII) akan kembali dibuka di masa pandemi COVID-19. Untuk menjaga kesehatan pengunjung, TMII sudah dan akan melakukan sterilisasi wahana di sana. Jelang buka pada 20 Juni 2020, TMII telah membersihkan dan mensterilisasi kawasan wisata seluas 150 hektar tersebut pada 10 Juni lalu. Hal itu disampaikan anggota Tim Operasional Protokol Pencegahan COVID-19 di TMII, dr. Radwia Siyamiati, Kamis (18/6/2020).

“Kita tanggal 10 kemarin sudah strerilisasi. Jadi dibantu dari pemadam dan penyelamatan dari DKI.Itu kemarin kita mengerahkan ada 20 unit pemadam kebakaran dan personilnya 126. Jadi, sudah aman berkunjung ke Taman Mini,” kata dr. Radwia, di lansir dari detikcom

Ia juga menjelaskan, pembersihan ini akan terus dilakukan secara rutin untuk mencegah pengunjung tertular COVID-19. Selain di wilayah TMII secara umum, pihak TMII juga telah berkoordinasi dengan pemilik wahana baik itu anjungan daerah, museum, dan wahana permainan.

“Rencananya akan ada penyemprotan berkala untuk area Taman Mini. Kalau untuk wahana, untuk anjungan dan unit-unit itu setiap hari. Jadi, sebelum pengunjung datang itu kita steril dulu lalu setelah pengunjung pulang, kita steril lagi. Termasuk di kantor juga,” ujar dr. Radwia.

Tak hanya itu, dr. Radwia juga sudah mensosialisasikan mengenai protokol kesehatan pencegahan COVID-19 pada pedagang makanan di area TMII. “Sudah kami sosialisasikan untuk area tempat makan, pedagang harus menjaga kebersihan makanan. Juga mengatur jarak pada meja dan kursi,” ia menjelaskan.

Untuk para pegawai TMII, aturan menjaga kesehatan juga diterapkan. dr. Radwia mengatakan, setiap pegawai akan dicek suhu tubuhnya sebelum bekerja. Mereka juga dilengkapi dengan masker dan face shield (pelindung wajah) saat bekerja. Jumlahnya pun dibatasi yakni hanya 50 persen saja yang bekerja setiap harinya.

Di sisi lain, pengunjung juga diwajibkan mematuhi aturan protokol kesehatan di dalam kawasan wisata yaitu mengenakan masker, rajin mencuci tangan, dan menjaga jarak minimal satu meter satu sama lain. Guna menunjang kedisiplinan pengunjung, TMII mempersiapkan tim pengawas, juga menempatkan wastafel di sejumlah titik, memasang tanda untuk jaga jarak, dan menyediakan masker bagi pengunjung yang belum memakai masker.

TMII akan beroperasi mulai pukul 08.00-16.00 WIB selama pandemi masih terjadi. Pengunjung yang diperkenankan masuk adalah yang suhu tubuhnya di bawah 37,3 derajat celcius, berusia di atas 5 tahun, tidak lebih dari 60 tahun, dan tidak sedang hamil. Pengunjung juga diimbau membeli tiket secara online melalui situs ticket.tamanmini.com untuk meminimalisir kontak fisik dengan petugas.

Komentar kamu?