Mengurangi Penyebaran #COVID19, Pemerintah Dorong Penerbangan Langsung Jakarta – Bali

Pemerintah saat ini tengah menggodok protokol kesehatan untuk wisatawan asing yang datang ke Indonesia.

118 views
0

WartaWisata.ID – Untuk mengurangi penyebaran virus Corona (COVID-19) pemerintah tengah mendorong penerbangan langsung ke Jakarta atau tempat wisata seperti Bali dari negara lain. Transit biasanya membuat traveler harus berada lebih lama di bandara dan menimbulkan risiko tertular virus.

Hal tersebut disampaikan Deputi Bidang Koordinasi Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Odo R.M Manuhutu dalam sebuah webinar beberapa hari lalu seperti dikutip detikcom, Selasa (16/6/2020). “Kita mendorong direct flight dari Seoul ke Jakarta, Bali. Osaka ke Bali. Alasannya orang sekarang menghindari transit yang terlalu lama karena di situ transmisi terjadi,” ujarnya.

“Kita sudah beberapa kali rapat untuk mendorong semua direct flight, menghindari transit, atau transit yang terlalu lama,” dia menambahkan. Pemerintah sendiri saat ini tengah merancang travel bubble ke negara seperti Australia, China, Korsel dan Jepang. Travel bubble merupakan pembukaan terbatas suatu negara dengan beberapa negara lain yang masing-masing memiliki kasus virus corona (Covid-19) yang rendah atau terkontrol.

Pada tahap awal mereka yang diperbolehkan datang lewat travel bubble ini adalah kalangan pengusaha, kemudian menyusul para wisatawan yang ingin berkunjung ke Indonesia. “Dan ini merupakan prototipe sebelum kita membuka untuk negara lain. Harapannya dengan membuka itu akan tahu plus minusnya seperti apa dan nanti akan diterapkan travel bubble atau travel corridor ke negara lainnya,” ujarnya.

Pemerintah saat ini tengah menggodok protokol kesehatan untuk wisatawan asing yang datang ke Indonesia. “Saat ini sedang digodok oleh Kemlu, wisata asing sedang digodok syaratnya, salah satunya adalah kewajiban wisatawan domestik internasional menggunakan aplikasi Bersatu Lawan Covid (BLC),” ujarnya.

Komentar kamu?