Destinasi Unik Dekat Gunung Merapi

Salah satu spot instagramable di Plunyon Kalikuning adalah hutan pinus. Meski sempat rusak akibat erupsi Gunung Merapi terbesar beberapa tahun lalu, hutan pinus di tempat ini sudah diperbaiki dan sudah terlihat indah kembali.

134 views
0

WartaWisata.ID – Ada beberapa spot unik yang bisa dikunjungi di sekitar Gunung Merapi, Sleman, Yogyakarta. Salah satunya adalah Plunyon Kalikuning, destinasi instagramable yang lokasinya tak jauh dari Gunung Merapi. Plunyon Kalikuning berada di Kecamatan Cangkringan, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta. Destinasi ini merupakan hutan alami yang menyuguhkan pemandangan yang sangat indah.

Untuk masuk ke tempat ini, pengunjung akan melewati jalan setapak yang terbuat dari bebatuan alam. Di sepanjang jalan setapak ini, wisatawan dapat menikmati pemandangan hutan alami di kanan dan kiri jalan. Kemudian, pengunjung akan melihat gerbang pintu masuk bertuliskan Plunyon Kalikuning berwarna kuning dan tempat pembayaran karcis. Untuk masuk ke tempat ini, pengunjung perlu membayar tiket seharga Rp10.000 per orang.

Saat memasuki gerbang Plunyon Kalikuning, wisatawan akan langsung disuguhkan dengan angin segar hutan alami dan pemandangan yang sangat asri. Tak heran, tempat ini sangat disukai wisatawan dari daerah perkotaan yang rindu pemandangan alam dan udara yang segar. Tak hanya menyuguhkan pemandangan alam yang indah, Plunyon Kalikuning juga menyimpan banyak lokasi yang sangat photogenic dan instagrammable. Di tempat ini, wisatawan bisa berfoto dengan latar belakang alam yang indah.

Salah satu spot instagramable di Plunyon Kalikuning adalah hutan pinus. Meski sempat rusak akibat erupsi Gunung Merapi terbesar beberapa tahun lalu, hutan pinus di tempat ini sudah diperbaiki dan sudah terlihat indah kembali. Di antara pepohonan pinus, terdapat canopy trail yang menjadi spot instagramable bagi pengunjung yang ingin mengambil gambar. Dari atas canopy trail ini, pengunjung juga dapat melihat pemandangan Plunyon Kalikuning dari atas.

Setelah lelah berkeliling, wisatawan bisa bersantai menikmati suasana menenangkan di beberapa spot yang disediakan, seperti spot berbentuk sangkar yang bisa dijadikan tempat seru untuk bercengkrama dengan teman. Selain itu, ada juga gazebo berbentuk rumah yang bisa digunakan untuk berteduh sambil menikmati pemandangan pepohonan hijau.

Untuk mencapai tempat ini, wisatawan harus melakukan perjalanan selama kurang lebih 50 menit. Sebab, letak Plunyon Kalikuning cukup jauh dari pusat Jogja, dengan jarak mencapai sekitar 24 kilometer.

Komentar kamu?