Destinasi Gua Gudawang, Sensasinya Luar Biasa

Gua Gudawang terdiri dari 12 celah. Namun, hanya 3 gua yang dibuka untuk umum, yaitu Gua Simenteng, Gua Sipahang, dan Gua Simasigit.

609 views
0

WartaWisata.ID – Gua Gudawang merupakan salah satu destinasi alam di Bogor, yang sangat cocok untuk para pencinta caving. Di tempat ini, kamu akan merasakan serunya sensasi menyusuri gua yang sempit dan gelap. Gua Gudawang berada di Desa Argapura, Kecamatan Cigudeg, Kabupaten Bogor, Jawa Barat. Nama Gua Gudawang sendiri berasal dari “Kuda Lawang” yang artinya ekor kuda yang dikepang.

Gua Gudawang terdiri dari 12 celah. Namun, hanya 3 gua yang dibuka untuk umum, yaitu Gua Simenteng, Gua Sipahang, dan Gua Simasigit. Di dalam gua-gua tersebut, wisatawan akan disuguhkan pemandangan stalagtit dan stalagmit yang menjulang tinggi di dinding dan di lantai gua. Gua Simenteng dan Simasigit menjadi spot yang terbilang unik, karena bentuk pintu masuknya yang berbentuk kepala singa. Jadi, pengunjung yang masuk ke gua ini akan terlihat seperti dimakan oleh singa.

Sementara, Gua Sipahang tidak menggunakan kepala singa sebagai pintu masuknya. Jalan di gua ini juga sudah dilapisi semen dan terdapat tangga di dalamnya. Karena gua-gua tersebut sangat sempit dan gelap, wisatawan dianjurkan untuk membawa senter, helm, dan alat bantu pernapasan karena terbatasnya oksigen.

Gua Gudawang berjarak 1,5 jam dari kawasan Dramaga Bogor. Untuk masuk ke tempat ini, kamu perlu membayar tiket masuk sebesar Rp 7.000 dan tarif parkir sebesar Rp 1.000. Tempat wisata ini sudah memiliki fasilitas musala dan toilet. Selain itu, ada juga fasilitas pemandu untuk wisatawan yang belum pernah datang sebelumnya, dengan tarif Rp 10.000 per orang.

Komentar kamu?