3 Sambal Khas Indonesia Yang Sangat Populer

Setiap kota di negeri kita tercinta ini punya kreasi sambalnya masing-masing, yang ternyata gak cuma bikin hidangan jadi lebih lezat, tapi juga bikin kita makin pengen

463 views
0

WartaWisata.ID – Bicara soal kuliner di Indonesia, tentu gak bisa dipisahkan dari aneka sambal yang menggugah selera. Setiap kota di negeri kita tercinta ini punya kreasi sambalnya masing-masing, yang ternyata gak cuma bikin hidangan jadi lebih lezat, tapi juga bikin kita makin pengen nambah dan nambah lagi.

Sambal khas Indonesia apa saja sih yang paling banyak penggemarnya? berikut rangkuman WartaWisata.ID dari berbagai sumber.

Siapa tahu ada sambal favorit kalian.

Sambal Terasi

Siapa sih yang gak kenal sama sambal khas Sunda ini? Meski gak semua orang gemar menyantap hidangan dengan terasi, tapi kalau terasinya diulek bareng cabai merah, cabai rawit, bawang merah, bawang putih, garam, gula merah, dan tomat, sepertinya sulit ditolak, deh. Ya kan, travelers? Apalagi saat rasa pedas, manis, dan gurih dari sambal terasi bertemu dengan aneka masakan Sunda, seperti sayur asem, pepes, ayam atau ikan goreng, plus nasi putih, dijamin bakal bikin kamu ketagihan.

Sambal Matah

Jenis sambal yang satu ini juga tentu sudah sangat familiar di kalangan penikmat kuliner. Berasal dari Bali, sambal matah yang berarti ‘sambal mentah’ memang tidak melalui proses ulek maupun tumis. Sambal matah terdiri dari irisan bawang merah, bawang putih, cabai merah, dan serai, kemudian ditambahkan sedikit terasi, garam, dan jeruk limau, lalu dicampur di dalam wadah. Setelah itu, campuran bawang, cabai, dan bumbu-bumbu tersebut disiram dengan minyak kelapa yang telah dipanaskan. Rasa gurih, segar, dan sedikit pedas dari sambal matah ini cocok banget kalau dinikmati bersama nasi putih, ayam goreng, bebek goreng, sate lilit, dan lainnya.

Sambal Bawang

Bagi pencinta pedas, jenis sambal yang satu ini bisa dibilang yang paling sering ditemukan di berbagai tempat makan maupun toko oleh-oleh. Bahkan, hampir di setiap rumah pasti pernah membuat sambal bawang sebagai pelengkap hidangan. Sambal bawang merupakan perpaduan cabai rawit, bawang merah, bawang putih, garam, dan gula, yang kemudian diulek dan ditumis dengan minyak. Sambal ini paling nikmat disantap bersama nasi putih hangat dan lauk seperti ayam goreng, daging, ikan, atau telur.

Nah, itu dia beberapa jenis sambal khas Indonesia yang dijamin bikin momen bersantap terasa makin mantap! Jadi gak sabar untuk eksplor kuliner Nusantara usai pademi berakhir, deh. Tapi, untuk saat ini, sabar dulu ya, travelers.

Semoga keadaan bisa segera kembali normal dan kita semua selalu diberi kesehatan

Komentar kamu?