Indahnya Danau Towuti di Sulawesi Selatan

Danau Purba Towuti memiliki lima pulau di tengahnya. Tiga diantaranya adalah Pulau Loeha, Pulau Bolong, dan Pulau Kembar.

301 views
0

WartaWisata.ID – Kabupaten Luwu Timur, Provinsi Sulawesi Selatan memiliki destinasi unik yang wajib dikunjungi. Namanya Danau Towuti. Nuansa asing memancar dari danau ini, Pemandangannya aneh, seolah bukan di bumi.

Air di dasar Danau Towuti kaya akan kandungan besi namun dengan kadar oksigen yang rendah sehingga dianggap mirip dengan kondisi bumi pada masa arhaeon sekitar 2.5 juta tahun yang lalu.

Danau Towuti sendiri adalah salah satu danau tertua di dunia, jauh lebih tua dari Danau Toba. Danau Purba ini berumur jutaan tahun, dan hanya ada 12 danau yang sebaya usianya dengan Danau Towuti di Dunia.

Usianya yang sangat tua membuat Danau Towuti memiliki endapan yang sangat tebal dan endapan itu bisa menceritakan keadaan iklim Bumi selama perjalanannya.

Sedimen di dasar Danau Towuti setebal 300 meter menyimpan sejarah iklim dunia selama 700.000 tahun terakhir kehidupan bumi.

Danau Purba Towuti memiliki lima pulau di tengahnya. Tiga diantaranya adalah Pulau Loeha, Pulau Bolong, dan Pulau Kembar.

Airnya sangat jernih dan tidak ada sampah akibat budaya warga sekitar yang mengajarkan bahwa membuang sampah ke dalam danau akan membuat marah ‘Nenek’ di danau.

Sementara Ikan Butini, Ikan Pangkilang, dan Udang Harlequin adalah fauna endemik, hewan yang hanya dapat di temui di Danau Towuti.

 

Komentar kamu?