Fakta Pulau Kalimantan yang Harus Kamu Tau!

Banyak yang beranggapan bahwa di Kalimantan isinya hanya hutan melulu, hal tersebut tidaklah sepenuhnya benar dikarenakan Pulau Kalimantan punya banyak segudang pesona dan hal-hal unik yang jarang diketahui oleh masyarakat luar pulau Kalimantan.

148 views
0

WartaWisata.ID – Kalimantan atau yang sering di sebut “Borneo” adalah salah satu pulau yang terletak di Indonesia. Pulau ini merupakan pulau yang dikelilingi hutan hujan tropis. Banyak yang beranggapan bahwa di Kalimantan isinya hanya hutan melulu, hal tersebut tidaklah sepenuhnya benar dikarenakan Pulau Kalimantan punya banyak segudang pesona dan hal-hal unik yang jarang diketahui oleh masyarakat luar pulau Kalimantan. Mau tahu fakta-fakta tentang Pualu Kalimantan? Berikut adalah lima fakta tentang Pulau Kalimantan

Pulau Kalimantan isinya tidak hanya hutan saja kok, kehidupan masyarakatnya juga maju!

Salah satu kesalahan orang awam tentang Pulau Kalimantan adalah mengira bahwa pulau ini dipenuhi dengan hutan, padahal jumlah penduduk Indonesia yang berada di Kepulauan Kalimantan yaitu diperkirakan mencapai 16,23 juta jiwa yang tersebar di lima provinsi yang di dalamnya terdapat 56 kabupaten dan kota.

Provinsi-provinsi di Kalimantan yaitu Kalimantan Timur, Kalimantan Selatan, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, dan Kalimantan Utara. Maka sudah dapat dipastikan bahwa Kalimantan tidak hanya sekedar hutan saja, tetapi juga banyak kehidupan bermasyarakat disana.

Salah satu kota di Kalimantan Timur mendapatkan julukan sebagai “Kota Terbersih” se-ASEAN

Pada tahun 2011, Balikpapan berhasil meraih penghargaan sebagai kota terbersih ke-2 se-ASEAN. Tidak hanya itu, kota yang berada di Kalimantan Timur itu juga tercatat memperoleh penghargaan Adipura sebanyak 18 kali. Penghargaan ini diberikan kepada kota Balikpapan karena berhasil dalam kebersihan serta pengolahan lingkungan perkotaan.

Pulau Kalimantan merupakan pulau terbesar ke-3 di dunia

Dengan luas pulau sebesar 743.330 km persegi, Pulau Kalimantan mendapatkan urutan ketiga sebagai pulau terbesar di dunia. Urutan pertama diduduki oleh Pulau Greenland dengan luas sebesar 2.175.600 km persegi dan urutan kedua yang diduduki oleh Pulau Papua Nugini dengan luas sebesar 785.753 km persegi.

Banyak destinasi wisatanya

Sebagai pulau terbesar ketiga di dunia, Pulau Kalimantan memiliki lebih dari ratusan destinasi wisata. Destinasi wisata di Pulau Kalimantan terdiri dari wisata alam, wisata budaya, wisata kuliner, dan wisata lainnya.

Bagi yang ingin berkunjung untuk menikmati wisata alam dapat mengunjungi Pulau Derawan yang terkenal sebagai Pulau Pasir Putih. Pulau ini terletak di Kalimantan Timur. Dengan pesonanya, pulau ini mampu memikat para wisatawan untuk berkunjung ke tempat ini, terbukti setiap musim libur pulau ini selalu ramai pengunjung.

Tidak hanya itu, terdapat destinasi wisata alam yang tidak kalah menawan yaitu Danau Labuan Cermin yang terletak di Kalimantan Timur. Karena pesonanya, danau ini juga mampu memikat wisatawan lokal maupun asing. Danau ini disebut Danau Labuan Cermin karena permukaan air yang dapat membuat cahaya matahari memantul sehingga air di danau terlihat jernih sekali.

Ingin mengunjungi wisata yang berbeda? Silakan kunjungi wisata Pasar Terapung Lok Baintan yang terletak di Kalimantan Selatan. Di sana kamu dapat melakukan transaksi jual beli yang dilakukan di atas perahu. Tempat tersebut sangat cocok untuk dijadikan sebagai spot foto.

Terdapat 3 negara di Pulau Kalimantan

Fakta unik mengenai Pulau Kalimantan yaitu terdapat 3 kepala negara yang berada di Pulau Kalimantan yakni Indonesia, Malaysia, dan Brunei Darussalam. Luas wilayah milik Indonesia mencapai 544.150 km persegi, sedangkan sisanya adalah milik negara Malaysia dan Brunei Darussalam.

Itulah 5 fakta tentang Pulau Kalimantan. Tidak perlu khawatir jika kamu ingin berlibur ke pulau ini karena dijamin kamu tidak akan menyesal sama sekali!

Komentar kamu?