Kampung Laut Enggros, Destinasi Wisata Eksotis di Papua

Hampir seluruh kawasan perkampungan ini berdiri di atas air.

546 views
0

WartaWisata.ID – Jika kamu suatu saat mengunjungi Jayapura, Papua, jangan lupa menyempatkan diri mengunjungi sebuah kampung pinggir laut yang eksotis. Namanya Kampung Laut Engros.

Kampung ini berlokasi di dalam area Taman Wisata Alam Teluk Youtefa, Jayapura, Papua. Hampir seluruh kawasan perkampungan ini berdiri di atas air. Rumah warga dibangun dengan tiang-tiang khusus.

Secara geografis, Kampung Laut Enggros diapit Tanjung Pie dan Saweri. Kampung ini dipisahkan dari Papua daratan oleh Selat Tobati.

Selain pegunungan dan laut, Enggros juga memiliki background baru berupa Jembatan Holtekam. Familiar sebagai Jembatan Merah, bangunan sepanjang 732 meter ini jadi landmark baru Papua.

Sebagai lokasi wisata, wilayah ini juga dilengkapi dengan villa terapung, gazebo, balai adat, dan berbagai spot budidaya ikan.

Para leluhur Kampung Laut Enggros ini berasal dari Pegunungan Cyclops. Wilayah Cyclops ini berada di Kabupaten Jayapura. Para leluhur Enggros akhirnya memilih perairan sebagai tempat tinggalnya karena dinilai lebih aman.

Kampung Laut Enggros ini memiliki beragam tarian dengan filosofi tinggi. Ada Tari Shia yang hanya diperuntukan untuk menyambut tamu-tamu penting. Ada juga Tarian Obipapa yang menjadi gambaran persaudaraan dan hangatnya masyarakat di sana.

Selain itu ada Tari Omande yang menggambarkan ungkapan rasa syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa.

Kampung Laut Enggros dibangun sedikitnya oleh 11 suku. Ada Suku Meraudje, Sanye, Gerunyi, Sembra, Hanasbe, juga Itar. Di sana juga didiami oleh Suku Hamadi, Afar, Iwo, Hababok, Maigoda, hingga Samalo.

Komentar kamu?