Destinasi Wisata Religi Wali Songo di Indonesia

Buat kamu yang belum tahu, Wali Songo merupakan tokoh-tokoh Islam yang sangat dihormati karena peran mereka dalam menyebarkan agama Islam di Indonesia.

301 views
0

WartaWisata.ID – Penyebaran Islam di Pulau Jawa memang tak pernah lepas dari sosok para Wali Songo. Hingga kini, peninggalan para Wali Songo seperti petilasan, masjid, hingga makam-makam mereka masih terawat dan menjadi tujuan wisata religi di Pulau Jawa.

Buat kamu yang belum tahu, Wali Songo merupakan tokoh-tokoh Islam yang sangat dihormati karena peran mereka dalam menyebarkan agama Islam di Indonesia. Wali Songo berasal dari kata wali yang berarti “orang yang dipercaya,” dan sanga berarti sembilan dalam bahasa Jawa.

Biasanya, orang-orang mengunjungi makam dan peninggalan mereka sebagai jujugan wisata religi. Sekaligus sebagai pengingat atas jasa mereka dan belajar sejarahnya. Berikut wisata religi Wali Songo untuk referensimu.

Makam Sunan Ampel

Sunan Ampel merupakan salah satu Wali Songo yang menyebarkan agama Islam di Surabaya.Nama asli dari Sunan Ampel adalah Raden Rahmat.

Makamnya berada satu lokasi dengan Masjid Sunan Ampel, yang berlokasi di Kelurahan Ampel, Kecamatan Semampir, Kota Surabaya.

Beberapa bangunan di kompleks ini memiliki arsitektur yang mengadopsi gaya Eropa. Di dekat makam Sunan Ampel, kamu juga bisa mengunjungi area pecinan Kya Kya Kembang Jepun dan Kampung Arab Jawa Timur.

Makam dan Museum Sunan Drajat

Makam Sunan Drajat berlokasi di Desa Drajat, Kecamatan Paciran, Kabupaten Lamongan. Lokasi makam Sunan Drajat berada di sebuah bukit dan dikelilingi pepohonan yang luas.

Selain makam, kamu juga bisa mengunjungi Museum Sunan Drajat yang lokasinya tak jauh dari kompleks makam.

Masjid Menara Kudus

Masjid Menara Kudus berlokasi di Jalan Menara, Pejaten, Kauman, Kecamatan Kota Kudus, Kabupaten Kudus. Terdapat pula makam Sunan Kudus di sini.

Masjid Menara Kudus punya banyak keunikan. Di antaranya seperti ornamen-ornamen dan arsitektur yang kental dengan kebudayaan Hindu. Makam Sunan Kudus sendiri berada di dalam menara yang mirip seperti pura.

Tak heran kalau masjid dan makam Sunan Kudus dianggap sebagai salah satu bukti kulturisasi antara Hindu dan Islam.

Gunung Muria

Gunung Muria merupakan lokasi makam Sunan Muria, tepatnya berada di Desa Colo, Kecamatan Dawe, Kabupaten Kudus.

Yap, bagi kamu yang ingin berwisata religi ke makam Sunan Muria, memang harus siap mendaki gunung, karena lokasi makamnya berada pada ketinggian lebih dari 1.600 meter di atas permukaan laut.

 

Komentar kamu?