Melihat Megahnya Masjid Raya Sumatera Barat

Bangunan sepintas memang tidak menyerupai masjid karena mengusung konsep rumah gadang, rumah khas masyarakat Padang.

469 views
0

WartaWisata.ID – Indonesia memiliki beragam karakteristik bangunan masjid yang tentunya disesuaikan dengan budaya, sejarah, dan letak geografisnya.

Adalah Masjid Raya Sumatera Barat yang menjadi kebanggaan warga Padang. Memang, masjid itu termegah dan terbesar sehingga dikenal dengan julukan Masjid Mahligai Minang.

Masjid itu berlokasi di Jalan Khatib Sulaiman, Alai Parak Kopi, Padang Utara. Bangunan sepintas memang tidak menyerupai masjid karena mengusung konsep rumah gadang, rumah khas masyarakat Padang dengan atap empat sudut lancip dan bentuknga lonjong.

Arsitektur bangunan itu dibuat dengan maksud agar mampu kuat menahan gempa hingga mencapai kekuatan 10 magnitudo.

Rizal Muslimin merupakan arsitek yang mengusung konsep itu. Rizal berhasil memenangkan sayembara yang diikuti 323 arsitek dari berbagai penjuru negara.

Masjid Raya Sumatera Barat memiliki tiga lantai. Lantai pertama untuk tempat wudhu dan bisa menjadi alternatif untuk menampung jamaah.

Lantai kedua adalah tempat utama jamaah menjalankan shalat. Lantai ketiga fungsinya sebagai alternatif untuk jamaah.

Desain masjid itu juga menjadi destinasi populer di Sumatera Barat. Mahakarya Rizal yang berdiri sejak 2014 lalu itu memiliki daya tampung hingga 6.000 jamaah.

 

Komentar kamu?