Pesona Masjid Al Imtizaj yang Bergaya Etnis Tionghoa

Masjid Al Imtizaj diresmikan pada 2010 lalu. Tujuan berdiri masjid itu adalah untuk menyatukan komunitas muslim di Tionghoa yang ada di Bandung.

166 views
0

WartaWisata.ID – Jika berkunjung ke Bandung sebaiknya menyempatkan berwisata religi. Sebab, di kota kembang ada Masjid Al Imtizaj bergaya etnis Tionghoa.

 

Masjid tersebut terletak di Jalan ABC nomor 8 Banceuy, Bandung, itu tampak dari jauh seperti Kelenteng tempat pribadan etnis Tionghoa. Padahal, banguna itu adalah masjid.

Memang gapura masjid dan warna merah serta emas tampak seperti Kelenteng. Apalagi, tempat wudu juga dengan cawan emas menghiasai masjid itu.

Masjid Al Imtizaj diresmikan pada 2010 lalu. Tujuan berdiri masjid itu adalah untuk menyatukan komunitas muslim di Tionghoa yang ada di Bandung.

Arti dari Al Imtizaj adalah pembauran yang berasal dari bahasa Mandarin Ronghe. Memang banyak muslim mualaf yang berasal dari etnis Tionghoa.

Tujuannya agar terjadi pembauran dengan muslim yang ada sejak lama. Oleh sebab itu jelas percampuran kebudayaan terjadi dalam masjid Al Imtizaj.

Masjid tersebut memang sama dengan masjid-masjid pada umumnya. Yakni ada mimbar, hiasan kaligrafi dan lainnya. Hanya konsep bangunan saja yang membedakan dan memberikan keunikan lain.

Kapasitas 100 hingga 200 jemaah bisa di tampung Masjid Al Amtizaj. Jika kalian ingin menuju lokasi masjid carilah transportasi umum yang akan membawa kalian ke pasar Cikapundung. Sesampainya di pasar Cikapundung tinggal melanjutkan berjalan kaki sejauh 100 meter saja.

Komentar kamu?