Masjid Sunda Kelapa yang Punya Gaya Bangunan Ala Timur Tengah

Keunikan ornamen terjadi dalam masjid Agung Sunda Kelapa. Yakni dengan adanya kubah, bedug, bintang-bulan dan ciri khas simbol lainnya yang menonjolkan konsep timur tengah.

195 views
0

WartaWisata.ID – Ketika berada di Jakarta tidak ada salahnya untuk menikmati wisata religi yang ada. Di ibu kota sangat beragam masjid-masjid yang ada dan tentunya menjadi daya tarik wisatawan.

Salah satunya masjid Agung Sunda Kepala yang terletak di Jalan Taman sunda Kepala nomor 16, Rt 6 RW 4 Menteng, Jakarta Pusat. Masjid itu tidak kalah populer dari masjid Masjid Istiqlal.

Memang masjid Agung Sunda Kelapa salah satu alternatif wisata religi sambil menunggu waktu berbuka puasa.

Masjid Agung Sunda Kelapa tersebut dibangun pada tahun 1960-an. Untuk pemerkasa pembangunan masjid itu adalah arsitek jebolan Institut Teknologi Bandung (ITB) Ir. Gustaf Abbas.

Keunikan ornamen terjadi dalam masjid Agung Sunda Kelapa. Yakni dengan adanya kubah, bedug, bintang-bulan dan ciri khas simbol lainnya yang menonjolkan konsep timur tengah.

Apalagi, bentuk bangunan Masjid yang terletak di pusat kota Jakarta menyimbolkan pelabuhan sunda sunda kelapa. Yakni tempat saudagar muslim berdagang pada dahulu kala.

Simbol itu pun kemudian menjadi nama masjid Agung Sunda Kelapa. Masjid itupun memiliki area yang cukup luas dan lapangan kecil yang biasa dijadikan tempat berkumpul para komunitas bersama anak yatim piatu ataupun pesantren.

Untuk menuju ke masjid Agung Sunda Kelapa itu pun cukup mudah tinggal menggunakan transportasi umum yang saling terintegrasi, baik bus angkutan kota (angkot), busway ataupun commuter line. Nantinya tinggal menanyakan kepada petugas yang akan membimbing kalian menuju ke masjid itu.

Di lokasi itu pun kalian bisa mengabadikan momen. Sebagai bukti pernah mengunjung masjid yang terkenal cukup unik tersebut dan juga merasakan sensasi beribadah di sana.

Komentar kamu?