Peternakan Padang Mengatas, New Zealandnya Indonesia

Panoramanya begitu epik, bak sedang berada di New Zealand.

0

WartaWisata.ID – Ada salah satu tempat yang gak boleh kamu lewatkan saat berkunjung ke Sumatra Barat, yakni Padang Mengatas. Padang Mengatas merupakan peternakan sapi warisan Belanda yang sudah ada sejak 1916.

Kini, banyak sapi yang hidup bebas di padang rumput yang hijau. Pemandangan ini menarik perhatian banyak orang dan sempat viral di media sosial. Panoramanya begitu epik, bak sedang berada di New Zealand.

Kalau kamu ada rencana liburan ke sana, simak dulu informasi wisata Padang Mangatas di Sumatra Barat berikut ini.

Lokasi Padang Mengatas

Peternakan sapi yang menarik ini berlokasi di Jalan Padang Mangatas, Mungo, Luak, Kabupaten Lima Puluh Kota, Sumatra Barat. Jaraknya cukup jauh dari Kota Padang, sekitar 136 kilometer.

Rute menuju Padang Mengatas

Dari Kota Payakumbuh:

Supaya lebih mudah, kamu harus mengambil jalur dari Kota Payakumbuh. Setelah sampai di kota tersebut, arahkan kendaraan menuju Batang Sijunjung dengan patokan Tugu Adi Pura di pasar Payakumbuh.

Dari tugu tersebut, lanjutkan perjalanan melewati Jembatan Ratapan Ibu (Pasar Ibuah). Gak jauh dari jembatan itu, kamu akan melewati sebuah Bundaran Lobua Silang. Dari bundaran tersebut, lurus terus ke arah Batang Tabik.

Jika sudah melihat Pemandian Batang Tabik di sebelah kanan jalan, lanjutkan perjalanan sedikit lagi. Di sebelah kanan jalan terdapat Simpang Puskesmas Mungo yang menjadi tanda belok ke lokasi.

Belokkan kendaraan ke simpang Puskesmas Mungo. Dari situ, kurang lebih 1,5 kilometer lagi, kamu akan menemukan pintu masuk peternakan Padang Mengatas.

Cara masuk ke Padang Mengatas

Tempat wisata ini gak memungut biaya apa pun. Namun, kamu harus izin terlebih dahulu sebelum masuk.

Untuk jam berkunjung, biasanya diizinkan hanya pada hari kerja dan jam kerja. Sehingga, kamu perlu mendaftar dahulu secara online.

Berikut beberapa persyaratan yang harus kamu penuhi sebelum berkunjung:

  1. Mendaftar online di situs https://bptupadangmengatas.com/kunjungan. Selain itu, kamu juga bisa langsung datang dan izin di lokasi.
  2. Pendaftaran dilakukan maksimal sepekan sebelum kunjungan.
  3. Wajib membawa tanda bukti penerimaan (print out) dari BPTUHPT yang menyatakan bahwa telah diizinkan.
  4. Membawa surat pengantar dari instansi atau lembaga.
  5. Kunjungan bersifat kedinasan atau di bawah arahan dinas, lembaga, atau instansi dengan kepentingan edukasi peternakan.
  6. Diperbolehkan kunjungan pribadi, tetapi dibatasi, seperti dilarang masuk ke area pagar sapi dan dilarang menggunakan kendaraan pribadi untuk mengelilingi wilayah tersebut.
  7. Kunjungan dapat dilaksanakan setelah adanya informasi resmi dari BPTUHPT Padang Mengatas yang akan dikirim melalui email yang telah didaftarkan.
  8. Pengunjung yang tidak membawa tanda bukti penerimaan dari BPTUHPT Padang Mengatas dilarang masuk.

Daya tarik Padang Mengatas

Tempat wisata yang terletak di dekat Gunung Sago ini memiliki panorama yang sangat indah. Suasananya yang asri, bersih, dan menyejukkan mata, cocok untuk melepas penat.

Selain itu, tempat ini juga sangat digemari banyak pengunjung sebagai spot selfie hingga pre wedding. Areanya sangat luas, kamu bisa puas menikmati indahnya pemandangan padang rumput yang hijau, dipenuhi ribuan sapi. Benar-benar serasa di luar negeri!

Kamu juga dapat menyaksikan sunrise dan sunset yang sangat menawan. Bahkan, kamu bisa belajar beternak dengan para peternak di sana, lho.

Untuk menjelajahi lokasi ini, kamu bisa berjalan kaki. Tapi, tempat ini juga menyediakan kendaraan sejenis traktor bagi pengunjung yang kelelahan. Seru banget!

Tips berkunjung

Ada beberapa tips yang bisa kamu terapkan selama di Padang Mangatas, antara lain:

  1. Pastikan sudah mendaftar dan mendapatkan izin dari BPTUHPT Padang Mengatas.
  2. Bagi pengunjung yang berasal dari luar Sumatra Barat dapat menyewa mobil di Bandara Internasional Minangkabau untuk sampai ke lokasi ini.
  3. Jaga kebersihan dengan gak membuang sampah sembarangan.
  4. Karena areanya sangat luas, disarankan membawa botol air minum supaya gak kehausan.
  5. Jika berkunjung pada siang hari, disarankan menggunakan sunblock atau payung untuk melindungi kulit dari cuaca panas.

Itulah rangkuman informasi tentang Padang Mengatas yang bisa jadi panduan liburanmu ke Sumatra Barat. Gak perlu pergi jauh ke luar negeri untuk menikmati suasana yang menawan seperti itu, bukan?

 

Komentar kamu?
SOURCEidn times
Previous article5 Kolam Renang Terbaik di Jakarta, Wajib Dikunjungi Usai Wabah Covid-19 Berakhir
Next articleKemenparekraf Siapkan Langkah Strategis Bagi Pelaku Parekraf