Melihat Keindahan Ponorogo Lewat Mloko Sewu

Berada di ketinggian 800 mdpl, Mloko Sewu menjadi alternatif pilihan wisata alam. Lokasinya berada di atas Telaga Ngebel atau butuh sekitar 10 sampai 15 menit untuk menjangkau tempat ini.

706 views
0

WartaWisata.ID – Cuaca agak berkabut saat sore tidak menghentikan puluhan orang terus berdatangan ke wanawisata Mloko Sewu di kawasan wisata Telaga Ngebel, Ponorogo, Jawa TImur.

Suasana menjelang petang, justru membuat mereka semakin tertarik mengabadikan momen di wanawisata yang berada di lahan milik Perhutani itu. Seperti apa keindahannya? Simak ulasan berikut ini ya.

Lokasi Tempat Wisata

Berada di ketinggian 800 mdpl, Mloko Sewu menjadi alternatif pilihan wisata alam. Lokasinya berada di atas Telaga Ngebel atau butuh sekitar 10 sampai 15 menit untuk menjangkau tempat ini. Kalian harus melewati jalan mulus dengan aspal yang cukup baru. Luas lahan yang digunakan 1,5 hektar. Katanya, pembangunan wanawisata ini sama sekali tidak menebang pohon yang ada loh, sehingga wisata ini masih sangat alami!

Rute menuju Lokasi

Dari Telaga Ngebel, kalian langsung saja menuju arah Desa Gondowido. Kalian akan melalui jalan menanjak dan berkelok. Kalau belum terbiasa dengan medannya, lebih berhati-hati dan harus ekstra sabar ya. Mendekati Mloko Sewo, akses jalannya semakin menyempit. Hal tersebut akan menyulitkan kalian karena harus berbagi jalan dengan mobil dari arah sebaliknya.

Belum Lama Dilaunching

Meski sudah dilaunching sekitar 3 tahun lalu, sudah banyak warga luar kota yang berkunjung. Dari plat nomor kendaraan yang datang tidak hanya dari wilayah Ponorogo dan sekitarnya. Ada juga yang dari Jawa Tengah dan Yogyakarta. Biasanya pengunjung datang secara berkelompok atau hanya berdua. Tidak hanya sore, pada siang hari pun tempat ini ramai pengunjung. Senja merupakan waktu favorit untuk berkunjung karena suguhan pemandangan yang menawan.

Sensasi di Atas Awan

View yang bisa dinikmati di sini tidak hanya telaga, tapi juga taman-taman yang ditata dan dirawat dengan baik. Ada sensasi tersendiri saat melihat atau berfoto di tempat ini, karena seolah-olah kalian berada di awang-awang. Apalagi dengan berbagai wahana foto yang akan membuat kalian semakin betah berlama-lama di tempat ini. Dari atas, terlihat telaga yang hijau dikelilingi pepohonan yang membentuk lingkaran agak berkelok. Dominasi pohon pinus juga membuat Mloko Sewu semakin unik untuk dijelajahi.

Beragam Fasilitas yang Dimilikinya

Kalian jalan-jalan ke sini juga tidak perlu khawatir jika ingin buang air kecil karena wisata ini sudah dilengkapi toilet! Selain itu, ada juga gazebo, warung, dan tracking yang ditata sangat rapi. Terdapat sekitar 10 spot foto yang bisa kalian akses. Tapi jangan berebut ya, harus bergantian dan budayakan antre. Beberapa spot foto menarik ialah kumparan bambu, pintu di awang-awang, perahu bambu, balon udara, ayunan dengan background telaga, dan masih banyak yang lainnya.

Tiket Masuk Terjangkau

Dari awalnya hanya Rp5.000 rupiah saat pertama kali dibuka. Sekarang tiketnya Rp10.000 per orang. Harganya sudah termasuk tiket masuk dan tiket foto disemua wahana berfoto. Terbilang murah untuk berbagai fasilitas menarik yang akan kalian jelajahi di dalam wisata ini.

Aturan yang Berlaku di Tempat Wisata

Jangan buang sampah sembarangan! Kalian harus terbiasa menjaga alam dan kebersihan lingkungan sekitar. Selain itu, dilarang bersandar dipagar bambu di area wisata karena berbahaya. Tambahan lagi nih, selalu waspada saat berfoto ya karena sebagian spot foto yang ada, harus naik tangga atau naik ayunan diatas ketinggian.

Nah, buat kalian yang membawa anak-anak juga harus ekstra hati-hati dan jangan sampai lengah. Pastikan anak-anak tetap dalam pengawasan dan tidak melewati batas pagar atau berlarian di area yang kebanyakan tidak rata. Ada lagi nih. Jangan buang puntung rokok sembarangan dan jangan merusak flora yang ada ya. Semoga informasinya bermanfaat dan selamat berkunjung.

Komentar kamu?