Pantai Klayar, Pantai Indah Tersembunyi di Pacitan

Selain dikenal dengan Wisata Goa Gong andalannya, Kabupaten di ujung barat daya Jawa Timur ini juga mempunyai bentang alam berupa pantai di pesisir selatan yang sangat indah.

940 views
0

WartaWisata.ID – Apa yang ada di pikiranmu jika mendengar kata “pantai”? Pasti langsung terpikirkan pasir putih, silir angin, deburan ombak, bermain air, matahari terbenam, dan masih banyak lagi.

Berlibur ke pantai memang sangat menyenangkan. Banyak kegiatan-kegiatan menarik yang bisa kita lakukan di sana.

Tak hanya di Bali, pantai dengan pasir putih dan pemandangan indah bisa kamu temui di berbagai daerah di Indonesia. Salah satunya adalah Pantai Klayar.

Pantai Klayar terletak di Desa Kalak, Kecamatan Donorojo, Kabupaten Pacitan, Jawa Timur. Jika dari pusat Kota Pacitan, wisata ini berjarak kurang lebih sekitar 45 km.

Selain dikenal dengan Wisata Goa Gong andalannya, Kabupaten di ujung barat daya Jawa Timur ini juga mempunyai bentang alam berupa pantai di pesisir selatan yang sangat indah. Klayar adalah satu dari puluhan pantai indah di Kabupaten itu.

Pantai ini mempunyai hamparan pasir putih yang kembut. Juga birunya laut dan deburan ombak yang sangat menenangkan.

Selain dikenal dengan keindahan alamnya, pantai ini juga memiliki fenomena alam yang sangat unik. Saat kamu berkunjung di pantai ini, kamu akan menemukan batu raksasa yang mirip dengan Sphinx, serta air mancur yang keluar dari celah-celah bebatuan yang menghasilkan bunyi seperti seruling. Fenomena tersebut sangat jarang ditemui di pantai-pantai lainnya.

Bahkan pantai ini menjadi inspirasi musisi legendaris Didi Kempot, The God Father of Broken Heart. Ia membuat lagu berjudul “Pantai Klayar” dengan lirik yang bikin hati ambyar.

Keindahan pantai ini memang sudah tidak diragukan lagi. Wajar saja bila banyak orang memiliki kenangan manis dengan pasangannya saat berkunjung di Pantai Klayar.

Tak hanya pasir putih dan biru lautnya yang indah. Momen matahari terbenam di Pantai Klayar ini juga sangat menakjubkan. Seolah memancarkan daya magis yang sangat terasa, momen sunset itu bikin orang enggan beranjak.

Mengunjungi Pantai Klayar, kamu juga tidak perlu repot-repot untuk membawa bekal. Pasalnya, di sana juga tersedia banyak warung yang berjualan di sekitar Pantai Klayar.

Fasilitas di pantai ini juga cukup lengkap. Di sana tersedia toilet umum dan kamar mandi yang bersih. Fasilitas lainnya antara lain adalah tempat beribadah, gazebo dan penginapan.

Harga tiket masuk untuk menikmati keindahan Pantai Klayar juga cukup murah. Hanya Rp 10.000 untuk dewasa dan Rp 5.000 untuk anak-anak.

Sedangkan untuk parkir kendaraan roda dua dikenakan biaya Rp 2.000 dan untuk kendaraan roda empat dikenakan biaya Rp 5.000.

Rute menuju Pantai Klayar juga cukup mudah. Jika kamu memulai perjalanan dari Kota Pacitan, kamu bisa mengikuti jalur bis Solo-Pacitan, kemudian belok kiri di pertigaan Dadapan.

Setelah itu belok kanan sampai tiba di Desa Candi. Ikuti jalan tersebut sampai bertemu pertigaan. Setelah itu banyak petunjuk arah yang akan membawamu ke Pantai Klayar.

 

Komentar kamu?