Berkunjung ke Candi Muarojambi, Candi Kebanggaan Masyarakat Jambi

Candi Muarojambi memang adalah candi kebanggaan masyarakat Jambi dan sudah menjadi identitas wilayahnya.

609 views
0

WartaWisata.ID – Indonesia memang sangat kaya potensi wisata, sejarah, alam, dan religi di setiap daerahnya berbeda-beda. Seperti di Provinsi Jambi ada Candi Muarokambi belipat-lipat lebih luas dari Candi Borobudur.

Candi Muarojambi memang adalah candi kebanggaan masyarakat Jambi dan sudah menjadi identitas wilayahnya. Apalagi menjadi candi terluas se-Asia Tenggara dengan 12 kilometer.

Untuk lokasi berada di Kecamatan Maro Sebo, Kabupaten Muaro, Jambi, jaraknya sekitar 30 kilometer untuk di tempuh dari pusat Kota Jambi

Wisata sejarah itu selalu menjadi buruan bagi para pelangcong dari tanah air ataupun luar negeri. Untuk menuju lokasi ada dua akses jalur yang bisa ditempuh.

Darat dan air. Untuk jalur darat bisa menggunakan kendaraan pribadi ataupun ojek. Sedangkan jalur air bisa menggunakan perahu tradisional ketek dengan kapasitas 10 – sampai 15 orang saja.

Untuk jam operasional candi tersebut buka dari jam 8 pagi hingga 6 sore waktu setempat. Setiap hari operasional jadi bisa berkunjung ke kawasan itu kapan saja.

Memang, Candi Muarojambi menjadi lokasi untuk liburan murah. Pasalnya, tiket masuk hanya dibanderol Rp 5 ribu saja untuk orang dewasa dan Rp 3 ribu untuk anak-anak.

Di komplek percandian Muarojambi, pelancong bisa melihat dengan langsung 82 reruntuhan bangunan kuno. Yakni berupa, Arca Gajah Singh, arca Prajinaparamita dan Stupa. Hal itu memperkuat bukti kalau kawasan itu dahulu dijadikan sebagai pusat kegiatan agama Budha.

Untuk fasilitas yang diberikan pengelola, toilet hingga balai pertemuan ada di lokasi itu. Jadi ketika berkunjung dengan kelompok besar tidak usah bingung.

Jika ingin menginap di daerah yang tidak jauh dari candi Muarojambi juga tenang saja. Pasalnya, ada penginapan yang memberikan harga yang terjangkau.

Harga per malam satu kamarnya dibandrol mulai dari Rp 150 ribu. Tergantung fasilitas yang didapatkan para pelancong.

 

Komentar kamu?